Cara mengatasi tv led polytron suara normal gambar blank hitam.

 Hay sahabat teknisi ini cara memperbaiki tv led polytron gambar blank hitam suara normal. Artikel ini saya buat hanya sebagai pengingat kalau saya sudah pernah mgerjakan hal seperti ini dan saya juga ingin berbagi apa yang saya bisa dan mudah mudahan ini bisa bermanfaat bagi kita khususnya para teknisi di bidang elektronik.

Baik! kita langsung ke totorialnya namun sebelumnya akan saya jelaskan tentang kerusakan tv led polytron suara ada gambar blank. kerusakan semacam ini sangat kompleks yang mana ada beberapa jenis kerusakan seperti ini. ada blank dalam arti layar gelap namun ada cahaya di belakang, ini yang di sebut blank hitap. ada juga yang layar gelap tampa ada cahaya ini belum tentu masalah dari layar atau lcd. Kerusakan semacam ini biasanya karena BL tidak nyala.

Maka dari itu  saya akan berbagi tips dan cara mengenali kerusakan tv led polytron layar blank hitam.
kita mulai dari yang pertama:

1. Tv LED Polytron Gambar Gelap Suara Normal

Jika kalian mendapati televisi LED polytron dengan layar gelap namun suara normal tidak usah panik, kalian bisa langsung cek untuk bisa mengetahui kerusakannya tanpa harus membuka kesing tv nya.
pertama kalian nyalakan televisinya setelah televisi hidup dan suara telah keluar atau berbunyi kalaian ketuk ketuk layarnya pakai jari saja, jangan terlalu keras. jika layar nampak ada cahanya berarti kerusakan memang di layar lcdnya, akan tetapi jika layar di ketuk tak ada cahaya yang di timbulkan berarti kerusakan di bagian BL [Backlights ]nya. 
Kerusakan di bagian BL belum tentu juga lampu BLnya yang mati bisa saja inverternya yang mati.

Cara cek BL mati atau tidak kalian bisa menggunakan alat tes BL yang tegangannya nyampai 100 volt.
mengapa harus 100 volt bang? sebenarnya gk harus, namun ini bisa memudahkan kita untuk tes BL tanpa harus membuka panel LCDnya. karena jika membuka panel LCD sangat beresiko sehingga disarankan menggunakan alat tes BL yang bisa ngetes BL tanpa mengangkat LCD. kerana BL tidak nyala bisa juga disebabkan kerena inverternya yang mati.

Atau bisa juga kalian cek inverternya terlebih dahulu untuk bisa memastikan.

1. Cara cek inverter BL
  • Pertama kalian siaplkan volmeter.
  • posisiskan vol meter pada 100 volt atau 200volt. karena output inverter antara 85 volt sampai 160volt tergantung televisisnya.
  • posisikan port hitam volmeter pada gound dan port merah pada kabel positif BL.
  • nyalakan televisi sambil di amati apakah volmeter ada kenaikan tegangan atau tidak.
  • jika pada saat tv pertama on ada kenaikan tegangan pada volmeter dan kembali turun, Ada kemungkinan kerusakan pada BLnya. Namun jika tidak ada kenaikan tegangan kemungkinan kerusakan ada pada inverternnya atau bisa juga jalur BL-on.
  • Output inverter jika tidak aktif akan tetap keluar tegangan mengikuti input tegangan inverter. jika input tegangan inverter 12volt maka outputnya juga 12 volt dan juga bila inputnya 24 volt maka outputnya juga akan 24volt.
  • JIka output 12 volt tanpa ada kenaikan sesaat pada saat tv on berati kerusakan pada inverternya lakukan pengecekan pada mosfet, jaluar bl-on dan juga jalur bl-ajs.
  • Pada saat tv on jalur bl-on ada tegangan sekitar 3-5 volt. dan jalur ajs ada tegangan sekitar 3-7 volt.
  • jika saat tv on salah satu jalur tersebut diatas tidak ada tegangan kalain bisa menyuntikan tegangan seperti yang sudah di jelaskan di atas. Jika BL tidak bermasalah pasti BL nyala.

2. Cara cek BL ( Backligth)
  • cara cek bl untuk mengatasi tv layar gelapa suara normal.
  • seperti yang sudah saya jelaskan di atas kita bisa cek BL tanpa mengakat panel LCD, yaitu kita harus mempunyai alat cek BL yang outputnya mencapai 100 volt atau bahkan 200 volt lebih baik.
  • jika anda tidak punya, Ada bisa membuat sendiri atau anda juga bisa beli, Cara membuat alat tes backligth otomatis.
  • Jika kalian sudah punya alat bl dengan tegangan mencapa 150 volt, Anda sudah bisa cek BL tanpa bongkar atau pengangkatan panel LCD.
  • Langsung saja Anda cabut kabel BL dari Invereter dan langsung kalian cek di situ. jika BL masih keadan bagus pasti langsung nyala, dan sebaliknya.
  • Akan tetapi jika kalian belum menggunakan alat tes backligth yang outputnya gede kalian wajib mengangkat layar LCD supaya kalian bisa menjangkau BLnya.
  • setelah layar lcd di angkat dan beberapa lapisan di dalamnya. kalian bisa langsung cek blnya.
  • bisa menggunakan multitester, Namun saran saya lebih baik menggunakan alat tes Backligth yang menggunakan tegangan minimal 30 vol. jadi bisa langsung tes satu strip dan bisa kelihatan nyalanya bl seperti apa, karena bl jika di tes menggunakan multitester kelihatan hidup namun sebenarnya belum tentu terkadang juga walaupun nyala terkadang tidak sama dengan yang lainnya.
  • Saran dari saya jika menganti BL alangkah baiknya ganti semua supaya awet dan nyalanya televisi sempurna.

2. TV Polytron Gambar Blank Suara Normal

Oke berikut ini cara mengatasi tv led polytron gambara blank hitam suara normal. jika kalian menemukan masalah tv led bukan hanya merek polytron, ini berlaku untuk seluruh tv led yah..
jika saat tv dinyalakan dan sudah on suara sudah keluar namun layar blank dan ada cahaya  pada layarnya. untuk lebih jelas cahayanya jika di ketuk ketruk dengan tangan.
itu pertanda yang rusak panel lcd nya, namun jangngan khawatir ini masih bisa di selamatkan dengan melakukan pemotongan jalur pada area teming kontrol.

Untuk lebih jelasnya kalian bisa tonton video saya di youtube : Cara mengatasi tv led polytron layar blank hitam suara normal.
Sebelum melakukan pemotongan jalur seperti biasa kita harus melakukan pengukuran tegangan pada area temingkontrol supaya kita bisa memastikan letak kerusakannya.

berikut ini daftar tegangan yang ada di area teming control tv led polytron.
  • Vin atau Vcc : ini yang paling utama tegangan yang menyuplay are T-con, Ada beberapa jenis T-con yang menggunakan tegangan berbeda-beda ada yang 3v, 5v 12v. Jika tegangan ini tidak ada menyebakan tv tidak ada gambar lampu backligth nyala. hilangnya tegangan ini bisa disebabkan capasitor smd short, tegangan dari mainbord utama hilang.
  • Von atau Vgh : poin ini yang sering di sebut dengan vgh yang memiliki tegangan kebanyakan 30v yang dihasilkan dari IC DC to DC. Jika tegangan ini tidak ada maka gejala yang di timbulkan gambar akan slow motion atau lambat. cara memperbaikinya cukup menjemper dengan kabel ke jalur vgh yang baru keluar dari IC DC to DC.
  • Voff atau VGL : Tegangan yang ada pada titik ini memiliki tegangan 9v. jika tegangan ini tidak ada kerusakan yang ditimbulkan gambar blank putih. cara memperbaikinya sama seperti pada pin Von.
  • VDD atau Logika : tegangan ini 3,3volt yang berasal dari IC DC t0 DC atau juga regulator. gejala yang di timbulkan jika tegang pada pin ini tidak ada tegangan, saya belum pernah menumukan kerusakan dari pini ini.
  • VDA  atau Avdd : Tegangan yang sering disebut AVDD ini berasal dari regulator biasanya tegangan antara 13-20volt. kerusakan yang di timbulkan munculnya warna ubnormal pada layar tv.
Demikian data tegangan area T-con ini sebagai acuan sebelum melakukan pemotongan jalur.
akan tetapi jika semua poin- diatas semua normal kerusakan kemungkinan ada pada IC kupingan yang berada di sebelah samping LCD, namun IC ini tidak bisa diganti karena bentuknya terlalu kecil.
Maka dari itu para tuser melakukan pemotongan jalur. cara ini sebenarnya tidak di sarankan apa lagi kalau masih pemula.

Baik jika kalian ingin mencoba melakukan pemotongan jalur. kalian siapka ssilet untuk memotong dan mengerik jalur, supaya jika nanti gagal mudah untuk menyambungkannya lagi. pada area t-con ada dua yang biasa kalian potong lakukan dari salah satunya.
jika yang pertama telah di potong namun belum berhasil sambung kembali dan pindah ke yang sebelah.
bisa kalian tonton video berikut untuk lebih mudahnya : cara potong jalur pada area T-con

Demikian artikel cara mengatasi tv led polytron suara normal gambar blank hitam.
Ingat semboyan tuser gejala kerusakan sama belum tentu sama juga cara penyelesaiannya.
maka dari itu artikel kali ini hanya sebagai acuan dalam memperbaiki televisi polytron.

Jika ada pertanyakan silakan tulis dikolom komentar.

Terima kasih

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar sesuai topik. Gunakan bahasa yang baik dan benar.