TV LED GAMBAR BLANK PUTIH SUARA NORMAL

 Jumpa lagi sahabat teknisi gimana kabar kalian semoga sehat selalu dan selalu dalam lindungannya.. Amin..

pada kesempatan ini saya akan menulis tentang cara mengatasi tv led lg dengan keluhan layar blank putih suara normal, kerusakan seperti ini sering kita temui dan cara memperbaiki sebenarnya mudah dan tidak memakan biaya yang besar bahkan hanya dengan ketelitian tanpa menggati komponen tv bisa normal lagi seperti sedi kala. Bagaimana cara saya untuk mengatasinya baca tulisan singkat ini sampai selesai.

Ya seperti yang sudah saya tulisan di atas bahwa cara mengatasi tv led lg gambar blanking putih suara normal akan saya jelaskan sampai kallian paham, oke jadi jika menemui kerusakan masalah layar pada tv led maupun lcd jangan dulu mengira biyayanya mahal. belum tentu kerusakannya fatal.

Maka dari itu jika kita ditanya sama yang punya televisi jangan dulu menfonis layarnya yang rusak, itu bisa mengurunkan  niat dia untuk menserviskannya padamu ya temen-temen. jadi jelaskan saja banyak kemungkinan yang menyebabkan televisi ini rusak semacam ini namun belum tentu layarnya yang rusak.

Dengan begitu yang punya jadi tidak takut menyuruhmu untuk membongkar televisinya karena belum tahu biyayanya berapa.. oke jadi ceriat ini bisa dijadikan pedoman jika menemui kasus yang sama.

Baik pada pagi tadi saya kedatang servisan sebuah tv led lg gambar blanking putih suara normal, Tv kebetulan masih segel jadi belum di otak-atik sebelumnya. langsung saja saya buka dan pengecekan langsung ke area T-con karena kerusakan seperti ini biasanya ana pada Area Timming Control yang bermasalah.

Lanjut pengecekan tegangan pada semua titik poin pada temming Control dan ternyata untuk tegangan yang masuk semua normal. Akan tetapi ICnya panas tidak normal. lanjut melakukan pengukuran di titik-titik yang saya curigai walaupun titik poin normal.

Di rangkaian Temming Control ada beberapa resistor yang tertata secara seri disetiap titik sambung antara resistor smd terdapat capasitor smd dan jalur menuju ke panel led nah di situ saya menemukan kejanggalan. kejanggalan yang bagaimana? terlihat resistor dengan nilai yang berbeda dan disusun secara seri namun setelah saya ukur di setiap titik pertemuan resistor satu dengan yang lainnya tengangannya sama yaitu 16 volt.

Setelah saya amati beberapa saat dan saya sentuh memang resistornya paling ujung agak panas, kemudian saya kasih fluk pada area resistor tersebut dan tv saya nyalakan yaa benar saja ada satu resistor yang terletak di paling ujung atau di urutan paling belakang mengeluarkan asap..

Perhatikan gambar di bawah ini supaya kalian tidak keliru menvonis kerusakan TV LED LG GAMBAR BLANK SUARA NORMAL.

kerusakan tv led gambar blank suara ada

Disitu ada salah satu resistor yang saya ganti menggunakan resistor biasa dan nilainya sudah saya tentukan karena sudah saya coma dari yang mualai paling kecil. kenapa begitu karena setelah saya menemukan resistor tersebut mengeluarkan asap, maka saya simpulkan pasti nilainya kecil dan sempet saya jamper disitu dan tvpun mengeluarkan gambar namun setengah layar bagian kanan gelap. jadi memang harus menggunakan resistor.

Setelah saya mencoba menggati dari beberapa resistor yang saya coba, telah saya tenukan nilai yang pas yaitu nilai resistornya 1k. karena jika ditambah lagi nilainya gambar terlalu terang hampir blank.

Kesimpulan:

Jadi begitu cara saya memperbaiki tv led dengan kerusakan blank putih suara normal. tulisan ini saya tulis berdasarkan hasil kerja lapangan. jika kalian mengikuti cara ini namun belum terselesaikan Jangan menyalakan saya karena sudah kita ketahui bahwa peralatan elektronok rusak dengan gejala sama belum tentu kerusakannya sama. namun tidak akan jauh dari situ.

Jika ada pertanyaan silakan tulis dikolom komentar Akan kami bantu semampu kami.
video saya ada di youtube silahkan bantu saya dengan cara subscribe dan share vidio ini.




Posting Komentar

Silahkan tulis komentar sesuai topik. Gunakan bahasa yang baik dan benar.