Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Regulator TV Polytron U Slim Tegangan B+ Over Tegangan Melonjak Naik

 Televisi Polytron Tegangan B+ melonjak naik melibehi batas yang di tentukan sehingga menimbulkan kerusakan yang lebih parah pada komponen lain bahkan menyebabkan televisi mati total, pada beberapa kasus yang pernah saya temuin, banyak salah dalam mengerjakan atau memperbaiki kerusakan semacam ini sehingga dapat mebuat kita rugi. maka dari itu kali ini saya akan menuliskan pengalaman saya dalam memperbaiki televisi tegangan B+ over benar supaya dapat mencegah keruakan pada komponen lainnya.

Baca Juga :  Cara mengatasi Transistor Horisontal Jebol Terus

Berikut langkah-langkah yang harus di lakukan untuk mengatasi permasalahan regulator televisi over supaya tidak melebar kerusakan yang disebabkan oleh overnya tegangan B+, Regulator televisi sebagai power supply atau sebagai sumber suplai sebuah mesin televisi, Yang mana tegangan yang keluar dari regulator sudah disesuaikan oleh kontrol regulator itu sendiri. tegangan yang di butuhkan oleh sebuah televisi bervariasi dan semua sudah ditentukan.

Cari tahu Tegangan Yang Dibutuhkan

Sebelum memulai memperbaiki televisi dengan kerusakan regulator over, Alangkah baiknya kita cari tahu dulu tegangan yang dibutuhkan oleh mesin televisi yang sedang kalian kerjakan. sebab di beberapa televisi berbeda tegangan yang dibutuhkan. Pada umumnya televisi CRT cembung menggunakan tegangan B+ 115 volt, Supply IC M Chrome 8 volt dan 5 volt. Dan pada umumnya pada televisi slim menggunakan tegangan B+ 128 volt yang lain hampir sama. dan pada beberapa televisi ada yang menggunakan fitur Power Saving yang mana jika televisi pada posisi standby tegangan akan drop dari 127 volt ke 56 volt.

Jika kita menemui televisi dengan kondisi mati total dalam arti lampu standby tidak nyala pastikan dulu yang rusak apanya, jika yang mati transisitor horisontalnya yang short hati-hati takutnya penyebabnya oevrnya regulator sehingga menyebabkan transistor horisontal short.

Baca Juga : Kumpulan data tegangan Beberapa televisi

Cek Tegangan :

Cek semua tegangan dari output Regulator dengan menggunakan multi tester atur posisi di DCV atau DCvolt. JIka lampu standby tidak menyala belum tentu regulator tidak bekerja bisa jadi karena TR horisontal Short yang menyebabkan hilangnya semua tegangan dari output regulator.
Tegangan TV Polytron USlim:
B+ 128 volt Posisi TV ON, 56 volt Posisi TV standby
Supply IC Chrome 10 Volt posisi TV ON, sekitar 4 volt posisi TV standby
Serta Supply IC Audio 14 Volt posisi tv ON dan sekitar 7 Volt ketika posisi televisi standby.

Kalau televisi tengangan melebihi dari itu berarti over, dan wajib mencari penyebab overnya regulator tersebut. Regulator televisi over disebabkan oleh beberapa hal.

Berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan output Regulator Over:
  1. Elko kecil disekitar Area Regulator rusak atau kering.
  2. Autocopler rusak.
  3. Resistor Tegangan umpan balik resistansinya mulur atau putus. untuk tv polytron R501 dengan nilai 100k. yang terhubung ke tegangan B+.
  4. STR rusak.
  5. Solderan yang sudah tidak bagus, Meski ini jarang terjadi.

Penanganan

cara mengatasi regulator tv polytron over

Begini cara memperbaiki regulator televisi merek polytron ultra slim, langkah pertama cari tahu dulu penyebab yang membuat tegangan B+ naik. ada beberapa penyebab atau komponen yang dapat menimbulkan tegangan B+ naik melebihi yang seharusnya.
  • Rusaknya STR power supply dapat menyebabkan tegangan B+ over, Solusi ganti STR dengan yang baru.
  • Masalah pada arus umpan balik. ada beberapa komponen pada rakaian umpan balik, yang mana raikain tersebut berfungsi mengontrol tegangan output dari power supply, Supaya tegangan yang di keluarkan tetap setabil. Komponen yang sering rusak R503 yang terhubung ke tegangan B+, Resistor dengan nilai 100k ini sering putus tanpa ada tanda yang kelihatan. Autocopler juga terkadang menjadi penyebab melonjaknya tegangan yang dihasilkan oleh regulator sebuah televisi.
  • Elko 50v100uf  yang terletak di area regulator, solusi ganti dengan yang baru.

Sebelum memastikan tegangan yang di keluarkan dari regulator alangkah baiknya open semua beban untuk mencari aman. sebab jika tegangan belum normal televisi di hidupkan dapat menyebabkan komponen lain mati.

Pada awalnya televisi polytron Uslim mati serta lampu indikator tidak menyala. ada kemungkinan TR Horisontal sudah short. maka wajib diganti dengan yang baru. jiak memang tegangan sudah normal pasang TR Horisontal yang baru. kemudian bisa di coba dengan hati-hati jangan langsung dilepas siap-siap dimatikan takut ada yang meledak kembali.

Jika sudah aman tidak ada tanda-tanda yang janggal namun televisi tidak mau start ada kemungkinan tegangan yang supply ke IC belum keluar atau mungkin over. Cek tegangan 5volt dan 8volt serta tegangan yang ke trafo driver horisontal 14volt.

 Tegangan 5volt dan tegangan 8volt yang menyuplai IC Chrome, Tegangan Berasal dari Output regulator, Tegangan awal 10volt dan diturunkan masing-masing menggunakan Transistor serta dioda zener, cek tegangan pada kaki emitor transistor tersebut. jika tegangan tidak ada berarti resistor pada kaki basis putus, yang disebabkan oleh dioda zenernya short.

Demikian artikel singkat dari kami cara mencari dan memperbaiki kerusakan televisi polytron ultraslim Mati total karena disebabkan tegangan B+ over atau melonjak naik melebihi batas yang dibutuhkan oleh mainboard televisi tersebut.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kalian dalam mempebaiki Televisi, Jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar dan juga kalian bisa melihat pejelasan dalam bentuk video yana ada di youtube kami, jangan lupa di subscribe.

Tonton video Disini :CARA MEMPERBAIKI TV SHARP ALEXANDER SLIM MATI TOTAL. DISEBABKAN TEGANGAN OVER.

Untuk video televisi polytron menyusul..