Cara mengatasi televisi gambar melebar kanan kiri setelah ganti mesin

 Cara servis- Setelang menggati mesin tv china, Televisi layar jadi  terlalu lebar kanan kiri sampai tampilan angka channel tidak kelihatan. Layar televisi bagian kanan dan kiri tidak kelihatan sekitar 3 centi meter.

Pernahka Anda mengalami hal seperti ini atau kah baru kali ini anda menemukan keluhan semacam ini. Oke jika anda sedang mencari solusi bagai mana menangani televisi yang baru di ganti mesin tv cina dan layar terlalu lebar kanan kiri. jika lebar atas bawah saya rasa itu mudah dan sering terjadi.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa tips cara mengatasi televisi yang terlalu lebar kanan kiri, khususnya setelah ganti mesin tv cina, permasalahan seperti ini jarang di temui kalau kita tidak habis ganti mesin, Walaupun tidak menutup kemungkinan ada juga yang seperti ini.

Daftar Isi:
Penyebab gambar melebar kanan kiri setelah mengganti mesin televisi cina universal di sebabkan ketidak cocokan impedansi defleksi yoke dengan spek pada mesin tv cina tersebut, Masalah ini bukan berarti mesin tidak sesuai, Yang namanya universal atau banyak juga yang menyebut mesin multi, Jadi untuk segala tv pasti bisa di pakai asalkan sesuai rekomendasi.

Jika kita hendak menganti mesin tv cina, sesuakan dengan kebutuhan, kalau CRT atau tabung 14 IN sampai 21 IN itu satu tipe esin tv cina yang bisa kita gunakan tersaerah merek apa saja. Beda lagi kalau mesin yang untuk CRT atau tabung 24 IN ke atas dan juga untuk CRT slim mesin yang di gunakanpun berbeda.

Cara Mengatasi Televisi Gambar Melebar Kanan Kiri Setelah Ganti Mesin

Cara mengatasi televisi gambar melebar kanan kiri setelah ganti mesin tv cina. Ada beberapa macam cara yang bisa dilakukan. Berikut ini beberapa cara mengatasi gambar melebar kanan kiri yang bisa Anda coba. 

1.Menggunakan T2 T4 Pada mesin

Mesin tv cina universal atau multi, sudah di lengkapi pin untuk menyesuaikan lebar dan kecilnya gambar yang di hasilkan dari mesin tv cina yang baru. Maka dari itu disebut multi yang artinya bisa di pasang di televisi apasaja.

mengatasi lebar gambar televisi


Pin yang sudah di sediakan ada lima pin dari mesin tv cinia ini, Dan fungsinya pun berbeda, T1 Dan T5 Untuk melebarkan jika setelah di pasang kurang lebar atara keduanya pun berbeda tinggal kita menyesuaikan untuk menghasilkan gambar yang pass atau sesuai.
Sedangkan T2 dan T4 untuk mengurangi jika terlalu lebar. Dan T3 adalah yang asli bawan. kalau dalam pemasangan tv cina awal lebih baik pasang di tengah dari kelima pin tersebut yaitu di pin T3.

Jika cara di atas tidak membuahkan hasil atau kurang maksimal Anda bisa mengunakan cara yang berikutnya.

2.Merubah Capasitor Dumper

Cara yang kedua untuk mengurangi lebar layar televisi yang baru saja di ganti dengan mesin tv cina. yaitu, dengan cara merubah nilai capasitor Dumper, Capasitor tegangan tinggi 1600volt atau tertulis pada komponen tersebut 1,6kv, capasitor tersebut terletak di kolektor transistor horisontal. Dari kaki kolektor transisitor ke graund.

 Kapasitor ini berfungsi sebagai peredam tegangan induksi, Dan juga berpengaruh pada lebar sempitnya gambar televisi. Jika nilai kapasitasnya bertambah besar maka gambar akan mengikuti menjadi lebar begitu juga sebaliknya.

Maka dari itu jika kita ingin mengurangi lebar gambar pada televisi yang terlalu lebar maka kita bisa menggantinya dengan ukuran atau kapasitasnya yang lebih kecil dari sebelumnya.
Yang terpenting voltasenya jangan di ganti harus tetap sama lebih besar tidak apa-apa yang penting jangan dikurangi. dan untuk kapasitasnya kita bisa menyesuaikan seberapa besar yang akan kita kurangi atau juga Anda bisa mencibanya satu-satu sampai mendapatkan hasil yang pas.
Untuk ukuran kapasitas bawaan biasanya 8n2 anda bisa menggatinya dengan 7n2 atau 6n7 dan lain sebagainya menyesuaikan saja.

3.Membuat Lilitan Tamabahan

Ada cara lain untuk mengatasi televisi yang terlalu lebar dengan cara menambah lilitan yang menuju ke defleksi yoke. yang terhubung ke kolektor transistor horisiosontal.
membuat lilitan dengan ukuran kawat 0,7mm dengan menggunakan inti ferit bisa di jadikan alternatif untuk mengurangi lebar televisi yang terlalu lebar.

Jumlah lilitan yang di buat tidak ada kepastian berapa lilitannya tinggal kita menyesuaikan saja berapa yang akan di kurangi. saran saat melilit sebaiknya jangan langsung dipotong kawat emailnya, supaya memudahkan dalam menyesuaikan jumlah lilitannya. Jika kurang atau lebih masih ada kawat email yang tersisa.

Caranya Ambil saja kawat email sepanjang 1 meter dan mulai melilit kira kira 10 lilitan atau putaran berhenti tanpa memotong email langsung di coba, Jika masih kurang bisa di tambah lilit lagi atau sudah kelebihan bisa di kurangi sampai menghasilkan, hasil yang pas.

Demikian cara membuat lilitan tambahan, Cara lain untuk mengurangi lebar televisi yang baru diganti mesin tv china.

4.Menambah Trafo Yoke

Trofo yoke bukan hanya berfungsi untuk melebarkan gambar akan tetapi juga bisa digunakan untuk menyempitkan gambar televisi yang terlalu lebar.

mengatasi lebar gambar televisi



Caranya sangat mudah Hampir sama dengan cara menambah lebar gambar tinggal kita memasang trafo yoke dari jalur yang berasal dari mesin yoke terpasang atau terhubung pada tap trafo yoke dan kita tinggal menyesuaikan untuk mendapatkan hasil yang sesai dengan yang kita harapkan.

demikian sedikit ulasan cara mengurangi lebar gambar televisi yang baru di ganti mesin tv cina.
Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar Anda, Terima kasih sudah mampir ke blog caraservis.my.id Salam solder panas.

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar sesuai topik. Gunakan bahasa yang baik dan benar.