Cara mengatasi tv led polytron ada suara tidak ada gambar

caraservis.my.id -Salam oprek sobat teknisi jika kalian sedang mencari artikel bagaimana cara mengatasi tv led polytron ada suara tidak ada gambar alias layar gelap.
Pas banget kalian menemukan artikel singkat ini, mengapa demikian karena pada artikel kalia ini saya akan berbagi cara saya memperbaiki tv led polytron ada suara layar gelap.

mengapa polytron sering mengalami kerusakan seperti ini? sebenarnya bukan hanya tv polytron yang sering mengalami masalah ini. namun karena kebanyakan dari masyarakat menyukai produk dari polytron maka dari itu banyak sekali perangkat elektronik yang di pakai masyarakat merek polytron.

Meski demikian polytron sangat diminati tenetunya juga bisa rusak. salah satunya contoh kerusakan tv led polytron yakni ada suara tidak ada gambar. oke bro tidak usah pajang lebar cerita tentang produk dari polytron mari kita bahas bagaimana cara mengatasi tv polytron ada suara tidak ada gambar.

Oke bro kasus seperyi ini sudah sering saya alami bukan hanya pada tv led polytron saja bahkan pada merek merek tv lain juga pernah saya temui kerusakan semacam ini. Tapi sekarang yang akan saya bahas tv led polytron.

Baiklah kawan pada artikel kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara mengatasi tv led polytron ada suara tidak ada gambar. kasus ini baru saja saya selesaikan dan tvnya pun masih di meja kerja saya.
tv led polytron 24 in dengan tipe : PLD 24T8511 Perangkat televisi datang dalam kondisi layar gelap namun suara normal.

Langsung televisi saya buka dan langsung cek di bagian backlight cek tegangan yang mensuply backlight, perlu diketahui untuk televisi ini menggunakan lampu backlight 2 setrip, setiap setrip ada 6 lampu led. nah artinya karena setiap lampu led menggunakan tegangan 3 volt maka untuk inverternya berkisar dari 36 volt sampai 80 volt.

Tegangan yang keluar cuma 16 volt, namun jangan dulu menvonis rangkaian inverternya yang rusak karena inverter ini jika tidak ada beban dia tidak akan bekerja. Artinya jika salah satu lampu backlight mati maka inverter tidak akan bekerja dan tegangan yang dikeluarkan sama dengan tegangan yang masuk ke inverter.

Cara cek inverter yang benar pasang kabel voltmeter pada out inverter posisikan kutub kabel voltmeter sesuai output inverter. selanjutnya posisikan tv mati atau standby kemudian nyalakan televisi polytron kamu sambil dilihat voltmeternya apakah ada lonjakan tegangan? jika ada lonjakan tegangan sampai sekitar 80an volt maka bisa dinyatakan inverter normal jadi kerusakan ada pada lampu backlights.

Cara cek lampu backlight Ada dua cara bisa menggunakan baterai power bank atau bisa juga menggunakan alat cek backlight. kalau saya menggunakan baterai. oke kita buka bagian framenya dan pisahkan dulu lcd nya supaya lebih aman. Setelah lampu backlight keliahatan tingal dicek satu satu. jangan menggunakan multi tester karena kurang akurat. lebih baik menggunakan baterai.

jika sudah di temukan yang mati tinggal di eksekusi mau di ganti atau di jemper. jika yang mati hanya satu masih bisa kita jamper namun hasilnya pada posisi yang ada di sekitar lampu akan sedikit gelap. walaupun tidak begitu jelas perbedaannya.

Jika mau diganti lebih baik diganti semua lampunya. ganti dengan yang komplit dua setrip isi 6 lampu led per setripnya. jika di gati semua akan lebih awet dan tahan lama, tingkat keterangnya juga bagus karena baru semua.

jika hanya di ganti satu lampu saja biasanya suda ada yang tidak terang dan gk lama akan mati lagi. maka dari itu saya sarankan untuk mengganti satu paket sekalian.

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas kalau mati hanya satu masih bisa nyala tanpa harus menggati lampu, yaitu dengan cara menjemper pada led yang mati. Namun hal ini juga tidak bagus karena mengurangi led berarti membuat tegang lebih tinggi yang di terima led yang tersisa.

Bagi kalian yang pingin lihat di vidi silahkan tonton video berikut jangan lupa like dan subscribe.
terima kasih. sekian artikel kali ini semoga bermanfaat jika ada pertanyan silahkan tulis dikolom komentar atau juga bisa langsung komen di video juga bisa..



Posting Komentar

Silahkan tulis komentar sesuai topik. Gunakan bahasa yang baik dan benar.