Cara Merakit Setrum Ikan Untuk Pemula

 Caraservis.my.id-Ada dua jenis setrum iklan atau alat kejut ikan yaitu jenis platina dan non platina atau tanpa platina yang biasa orang sebut elektrik. Dan dari kedua jenis alat setrum ikan juga ada beberapa tipe yang masing masing berbeda cara kerja dan komponen yang di gunakan, walaupun pada intinya sama tetapi hasilnya bisa berbeda dan masing -masing memiliki keunggulan dan kelemahan sendiri-sendiri.

Daftar Isi:
Setrum ikan platina

Dua Tipe Setrum Ikan Jenis Platina

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang setrum ikan memggunakan platina. dan cara membuatnya. Ada dua tipe setrum ikan yang menggunakan platina Yaitu sistem induksi dan sistem engkel, Dari keduanya yang membedakan adalah lilitan atau kumparannya.

  • Setrum ikan sistem induksi menggunakan dua kumparan atau lilitan yang di lilitkan pada satu inti besi.
  • Setrum ikan sistem engkel menggunakan satu buah lilitan.
Untuk cara pembuatannya sebenarnya hampir sama daari keduanya, penasaran bagaimana cara membuatnya?? simak selengkapnya akan saya ulas dengan terperinci Satu persatu.

Cara membuat Setrum Ikan Platina Sistem Induksi

Sebelum Anda merakit sebaiknya persiapkan Bahan-bahan yang di butuhkan agar anda tidak bingung jika bahan-bahannya belum lengkap.
Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan setrum ikan platina sistem induksi.

Bahan-bahan Untuk Membuat setrum Ikan Sistem Induksi

  1. Kawat Email ukuran 1,2 mm 1,5O ns Dan Kawat Email 0,8 mm 4 Ons, Saya menggunakan ukuran Ons yang biasa saya gunakan masah pelilitan atau menggulungnya sampai habis.
  2. 1 buah platina, bebas platina baru atau bekas yang terpenting platinanya masih ada. lebih baik yang baru. Saran saya mengguanakan platina slengso atau mobil kalu motor motor vespa platinanya bagus.
  3. Inti besi lunak atau keren trafo panjang 13 cm dan lebar dan tebal 2 cm jadi persegi.
  4. Kondensator/kondensor mator atau  mobil 0,27 uf 10 buah, atau bisa di ganti menggunakan kapasitor 4,5 uf 400 v 2 buah (khusus sistem induksi)
  5. Accu 12 volt 10 Amper.
  6. Kabel yang bagus sekitar 10 meter.
  7. Kertas semen untuk melapisi lilitan.
  8. Papan kayu ukuran lebar 15 cm panjang 20 cm tebal 2,5 cm atau menyesuaikan bok yang akan di gunakan nantinya.
  9. Baut secukupnya..
Setelah bahan sudah disiapkan tinggal sekarang kamu bisa mulai membuatnya untuk alat kita bisa gunakan alat seadanya saja yang terpenting ada tang sama obeng. Dan jangan lupa siapkan kopi satu gelas jika Kamu merasa cape bisa minum kopi dulu sambil ngebul..

Cara merakit Setrum Ikan Platina Sistem Induksi

Sudah siap untuk memulai merakitnya. jika sudah siap mari kita mulai dari yanhg paling Aal yaitu membuat lilitan atau kumparan atau juga ada yang menyebutnya trafo.

  • Pertama ambil inti besi yang telah di siapkan dan rapikan dan bungkus dengan isolasi kertas supaya kencang sampi 3 lapis biar nantinya tidak tembus ke besi inti jika sudah di lilit kawat email.
  • Jika keren sudah siap ambil kawat email yang besar terlebih dahulu atau yang berukuran 1,2 mm dan mulailah melilitkan pada keren Dengan mengikuti arah jarum jam jika telah sampai ujung keren dilapisi dengan kertas bekas kantong semen kemudian kembali menggulung lagi dengan arang yang masih sama, seperti itu terus sampai habis, Biasanya menjadi 3 sap. atau tiga lapisan.
  • Setelah selesai pada lilitan yang pertama kemudian lanjut pada lilitan yang kedua atau kawat email yang kecil. Sebelum memulai jangan lupa diberi lapisan pada lilitan sebelumnya. Dan lakukan seperti pada membuat lilitan yang  pertama Sampai dengan selesai atau kawat emailnya habis. biasanya menjadi 5,5 sap atau 5 sap.
  • Sekarang tinggal perakitan Atau oenerapan pada papan. Pertama yang kita pasang pada papan adah platina terlebih dahulu. untuk memudahkan mengaturan posisinya. Bentuk seperti pada gambar dibawah ini.  
     posisikan platina pada tempat yang mana bisa di tarik oleh trafo yang sudah kita buat tadi. 

  • Kemudian rangkai kondensator seperti pada gambar yaitu dengan menyatukan bodi seluruh kondensator menjadi satu dan kabelnyapun menjadi satu atau dengan kata lain dirangkai pararel.
  • Dan kondensator dirangkai juga dengan platina secara pararel juga. 
  • kemudian sambungkan salah satu kawat email yang besar atau lilitan primernya ke salah satu kutub atau kaki platina, Sedang kaki platina yang satu ke saklar untuk menghidupkan setrum.
  • Ujung kawat email yang satunya lagi ke aki atau Accu negatif dan yang ke saklar kaki aki positif. Dan untuk kwat email sekunder atau yang kecil ke setik dan jaring salah satunya bisa di gabung ke platina. tidak juga tidak apa apa.
Seperti itu langkah langkah merakitnya Kamu juga bisa melihat gambar di bawah ini sebagai panduan.

skema setrum ikan
Rangkaian setrum ikan

Keterangan Rangkaian dia atas kondensator bisa di ganti menggunakan Kapasitor, Khusus yang menggunakan dua buah lilitan atau dua kumparan pada tarafo atau coilnya.
Dan cara Bembuatan setru ikan engkel atau satu lilitan pada coilnya bisa di simak berikut ini.

Cara membuat setrum ikan Platina tipe engkel atau satu lilitan.

Cara pembuatannya sama seperti proses bembuatan yang pertama dari membuat coilnya dan juga merakitnya, Yang membedakan adalah sebagai berikut simak baik-baik.
  • Pada proses pembuatan coil hanya menggunakan lilitan primer saja. yang nantinya hanya ynga berfungsi menarik atau mengerakan platina.
  • Dan pada rangkaian ini tidak bisa menggunakan capasitor yaitu harus menggunakan kondensator.
Hanya itu perbedaannya cara perakitannya pun sama. untuk lebih jelasnya bisa di lihat pada skema dibawah ini.
setum ikan platina engkel

Demikian artikel cara membuat setrum ikan menggunakan platina menggunakan dua kumparan dan satu kumparan atau sistem induksi dan sistem engkel.

Peringatan:

 
Sebenarnya mencari ikan dengan cara di setrum kurang baik, Maka gunakan seperlunya saja jangan disalah gunakan jika ada tempat yang dilarang patuhilah peraturan setempat.

Kesimpulan:

Dalam proses pembuatan setrum ikan sangat mudah dan cara kerjanya sebenarnya sama dengan cara kerja coil motor. Alat setrum ikan ini hanya membuat ikan pingsan sebentar dan akan hidup kembali jika memang tidak di ambil ikan tersebut.

Demikian artikel kali ini pada kesempatan berikutnya akan saya coba untuk menjelaskan bagai mana cara membuat setrum ikan elektrik, Apa itu setrum ikan elektrik? Setrum ikan yang tidak menggunakan platina.

Terima kasih telah berkunjung ke blog kami caraservis.my.id Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar di kolom yang telah disediakan.



Posting Komentar

Silahkan tulis komentar sesuai topik. Gunakan bahasa yang baik dan benar.