Cara Merakit Setrum Ikan PAC dari mulai gulung trafo

Cara merakit setrum ikan atau alat kejut ikan, sebenarnya tidak sulit terkecuali untuk model PDC memang sedikit rumit. namun pada artikel kali ini saya akan berbagi cara merakit alat kejut ikan model atau tipe PAC. dan untuk yang cara merakit alat kejut ikan pakai platina bisa di buka disini.

Ada sedikit perbedan pada trafonya atau kuparan yang di gunakan pada alat kejut ikan tipe PAC dan tipe platina. Meskipun sama-sama trafo rakitan sendiri atau lilit sendiri. dari segi fisiknya sudah kelihatan sangat berbeda, untuk jenis PAC bentuknya sama seperti trafo pada umumnya, sedangkan untuk yang menggunakan platina terlihat hanya menggunakan satu keren yang melintang dibagian tengah kumparan.
setrum ikan pac
Berikut langkah-langkah cara membuat setrum ikan PAC dari awal sampai selesai dari membuat trafonya.
Hal yang perlu di perhatikan adalah dalam membuat trafonya soalnya kalu salah melilitkan emailnya bakalan fatal. harus diperhatikan benar-benar jangan sampai salah dalam melilitkannya. posisi dan arang lilitannya harus dipahami serta besar kecilnya email. berikut langkah langkahnya.
Daftar Isi:

1. Cara membuat trafo PAC

Cara membuat atau menggulung trafo PAC untuk pembuatan setrum ikan PAC sebenarnya sama dengan trafo-trafo pada umumnya yang membedakan hanyalah jumlah lilitan dan besar kecilnya kawat yang di gunakan. untuk membuat trafo yang mengeluarkan teganan besar harung membuat lilitan yang banyak. namun perlu difikirkan juga besar kecilnya email yang digunakan karena besar kecilnya email akan mempengaruhi arus yang di hasilkan.

Jika arus yang dihasilkan besar maka jaungkauannya akan lebih lebar akan tetapi jika arusnya kecil jangkauannya akan semakin sempit, meskipun tegangannya besar. Oke perhatikan gambar di bawah ini
skema setrum ikan PAC Pada gambar terlihat liltan warna hitam itu untuk primer atau output trafo yang nantinya disambung ke setik dan jaring ikan, dan untuk lilitan warna merah sekunder yang nantinya disambung ke kaki kolektor transistor dan lilitan warna hijau sebagai flyback tegangan yang akan terhubung ke kaki basis transistor.

Lilitan warna hitam sebanyak 400 lilitan email 0,7 mili
Lilitan warna merang  sebanyak 15 lilitan dua kali  email 0,9 mili
Lilitan warna hijau sebanyak 9 lilitan dua kali email 0,4 mili.

2. Dua jenis trafomator PAC

Ada dua jenis trafo PAC, Yaitu menggunakan 3 lilitan dan 2 lilitan.
Gambar diatas menggunakan 3 lilitan untuk lilitan yang ke tiga digunakan sebagai driver atau flyback.
Akan tetapi jika menggunakan trafo 2 lilitan drivernya menggunakan kimponen lain.
komponen atau rangkaian elektronik yang bisa digunakan yaitu rangkaian inventer yang biasa digunakan untuk inventer DC ke AC yang biasa digunakan pada Power ampli yang di gunakan pada tipe mobil.
Dan rangkaian yang kedua bisa menggunakan raingkaian lampu flipflop.

3. Komponen yang perlu di siapkan.

Komponen untuk merakit setrum ikan PAC tidak terlalu banyak sangat beda dengan tipe PDC yang memerlukan banyak komponen.
jika model pac hampir sama dengan komponen yang digunakan pada alat kejut ikan model platina. hanya yang membedakan pada bentuk trafonya saja dan platina.
pada model pac platina di ganti menggunakan Transistor.berikut komponen yang perlu disiapkan.
  1. Kawat email 0,7 mili 2 Ons
  2. Kawat email 0,9 mili 2 meter
  3. Kawat email 0,4 mili 1 meter
  4. Transistor D 718 sebanyak 4 buah di tambah tidak masalah sesuaikan saja.
  5. Dioda 1 amper 2 buah
  6. Keren bekas Trafo 5 amper atau 3 amper
  7. Kabel bodi secukupnya menyesuaikan stik yang akan digunakan.
  8. Aki 12 volt 10 Amper
  9. Isolai.
  10. Kertas sebagai pembatas antar lilitan.
Hanya itu saja komponen yang dibutuhkan. 

4. Cara merakit setrum ikan PAC

Pertama kita rakit atau kita buat dulu trafonya. cara melilitnya untuk yang pertama kita lilitkankawat email yang 0,9 mili mulai melilitkan kawat pada bahan yang sudah diukur dan sudah diasesuaikan dengan keren yang akan di gunakan. lilitlah searah jarum jam sambil dihitung jumlah lilitannya nyaitu lilitan yang pertama 15 lilitan, keluarkan yang nantinya akan digunakan untuk CT trafo yang nantinya terhubung pada positif aki. kemudian dilanjutkan masih satu kawat email yang tadi sebanyak 15 lilitan juga.
setelah itu lanjut lilitan yang kedua yaitu kawat email yang 0,4 mili, dililitkan sama seperti tadi searah jarum jam sebanyak 9 lilitan keluarkan untuk CT lanjut 9 lilitan lagi.
Kemudian lilitan yang terahir kawat email 0,7 mili sebanyak kurang lebih 400 lilitan.
Jika semua sudah dililit pasang kerennya dan jadilah trafonya. lajut 

kemudian rakit transistornya dibagi menjadi dua lebing baik menggunaka pendingin terpisah, supaya tidak menggunakan pelapis. satukan kaki kolektor sama kaki kolektor, basis sama basis, dan emitor sama emitor. ingat dijadikan dua perhatikan gambar di atas supaya perakitannya tidak keliru.

Saya rasa hanya itu saja yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini, Jika ada pertanyaan silakan tulis di kolom komentar dan jika ada yang reques dipersilahkan.

Kesimpulan:
Cara merakit setrum ikan PAC hanya seperti itu saja sangat mudah asalkan anda sudah sedikit tahu tentang elektronik. Untuk memodif Yang menjadi acuan seperti ini jadi semakin banyak lilitan pada sekunder tegangan semakin besar dan semakin besar kawat email arus semakin besar. tinggal mengaturny saja di imbangi atau di sesuaikan pada kawat primernya.

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar sesuai topik. Gunakan bahasa yang baik dan benar.