Charger MultiFungsi Bisa Cas HP 10 Sekali Gus Dan Juga Accu

 Caraservis.my.id - Salam sCharger HP yang lemot atau lama mengisinya. Cara kali ini beda sama tutorial yang lain pada tutorial yang lain cara mengatasi charger yang lemot atau lama mengisi , Yaitu deengan cara merubah atau sedikit melakukan perubahan pada Charger original, Sedangkan tutorial kali ini saya akan mencoba untuk membuatnya. Oke bagai mana proses pembuatan dan apa saja yang di perlukan simak tutorialnya sampai selesai, dan mimin juga sudah membuat videonya serta di lenhgkapi dengan skemanya yang mimin buat dengan menggunakan powerpoin.



Daftar Isi:

Bahan-Bahan Atau komponen Charger Multifungsi

Untuk membut Charger multifungsi Ada beberapa bahan atau komponen yang kita butuhkan, Bisa menggunakan komponen baru bisa juga menggunakan komponen bekas ayaskan masih layak pakai, dalam arti masih bisa digunakan dengan baik. Karena mimin menggunakan barang bekas semua cuma satu komponen baru yang mimin gunakan yaitu voltmeter yang di lengkapi ampermeter.

Oke apa saja komponen yang perlu disiapkan.
  1. IC 7805 satu buah.
  2. IC 7812 satu buah
  3. TR 3055 2 buah, Bisa model jengkolan ataupun model transistor biasa.
  4. Elko 16v1000mf dua buah
  5. Elko 16v470mf dua buah.
  6. Elko 25v4700mf satu buah.
  7. Dioda 5 Amper empat buah.
  8. Port USB Jumlahnya terserah kalian mau pakai berapa.
  9. Kabel Secukupnya Kurang lebih 2 meter.
  10. Streker Satu buah.
  11. Trafo 5 Amper, Bisa menggunakan trafo bekas tape dek atau bekas peralatan elektronik lainnya yang terpenting tegangan yang keluar ada 15 volt atau lebih.
HAnya itu komponen yang kita butuhkan tidak terlalu banyak jika komponen baru akan lebih bagus lagi. Kemudian alat-alat yang dibutuhkan Kita hanya membutuhkan solder dan obeng saja sudah cukup.
Oke setelah semuanya siap tinggal kita mulai cara merakitnya.

Cara merakit charger Multifungsi 

Sudah siap untuk memulai?? Sediakan kopi dulu biar tambah semangat. Baik mari kita mulai sebelumnya perhatikan skema berikut sebagai Acuan bagi kalian biar mudah dalam membahasnya.

Charger hp lemot

  • Pertama siapkan Trafo Jika belum ada tegangan yang keluar 15 volt bisa kalian akali dengan mengurangi jumlah lilitan pada trafo seperti yang say lakukan pada video tersebut di atas.
  • Setelah mendapat tegangan 15 volt, langakah berikutnya kalian rangkai keempat dioda 5 amper yang telah tersedia, dibuat rangkai medel jembatan saya rasa kalian sudah paham caranya. Sambil lihat gambar skema di atas.
  • Kemudian sambungkan ke out dari trafo tersebut sesuakan cara pemasangannya jangan sampai salah. kemudian pasang juga elko 25v4700mf ke jalur kaki dari dioda sesuaikan kutub positif dan negatifnya samakan dengan yang ada di dioda.
  • Setelah ini Charger sudah jadi sebenarnya. Tapi baru bisa untuk cas Accu karena tegangan yang keluar baru 15 volt. Alasan saya kenapa menggunakan tegangan 15 volt karena untuk cas acci jika tegangan sama dengan accu yang di cas maka tidak bisa mengisi kalaupun bisa bakal lama banget proses pengisiannya. Maka harus di atasnya sedikit tegangan yang untuk mengisinya. jangan juga terlalu tinggi tegangan yang untuk ngecas.
  • Kemudian kita siapkan transistor 3055  sambungkan kaki kolektor ke kutub positif dari tegangn 15 volt tadi. dan siapkan pula IC 7805. Kaki pertama IC 7805 ambungke tegangan positif yang sama tadi, Dan untuk kaki yang tengah IC 7805 Sambung ke kutub negatif, Kemudian kaki yang nomer tiga sambungkan dengan kaki basis pada TR 3055. Pada sambungan ini pasang elko yang berukuran 16v470mf kaki positif elko ke kali basis TR dan kaki negatif Elko ke masa atau ground. Dan pad kaki emitor menuju port USB serta pasang elko juga di sini menggunakan elko yang 16v1000mf. dan kalian sudah memiliki tegangan 5volt Yang nantinya untuk cas HP. Bisa di pasang port USB hingga 10 Buah Tergantung kebutuhan.
  • Kemudian untuk mendapatkan tegangan 12volt yang bisa digunakan dalam berbagai peralatan elektronik. Carany sama seperti cara tadi dalam merubah ke tegangan 5volt. Hanya saja bedanya disini menggunakan IC 7812 yang nantinya akan mendapatkan tegangan 12volt.
  • Sampai disini Anda sudah selesai dalam pembuatannya. tinggal pemasangan Voltmeter/AmperMeter. Dalam pemasangan Ampermeter atau VoltMeter kalian bisa mengikuti pentunjuk dari produk tersebut. Biasanya dalam pembelian produk ada panduan dalam pemasangan atau penggunaannya. Jika saya menjelaskan takut Ada yang salah dalam pemasangannya , Karena setiap produk berbeda beda. yang membedakannya biasanya pada warna kabelnya. pada intinya sebenarnya sama. Biar lebih jelas untuk cara pasang AmperMeter akan saya bahas pada Artikel yang lain dan akan kami coba untuk menjelaskan dari berbagai macam produk yang berbeda biar lebih jelas.
Demikian cara merakit Charger MultiFungsi Apapun itu semau pasti ada kekurangan dan kelebihannya berikut ini beberapa kelebihan Charger Multifungsi yang kita buat sendiri.

Kelebihan Charger MultiFungsi Buatan Sendiri.

Beberapa kelebihan yang kita dapatkan dari Charger multifungsi yang kita buat sendiri ini, 
  • Pertama murah karena kita juga bisa menggunakan barang bekas, barang yang sudah tidak terpakai.
  • Simpel dan efisian dengan satu alat kita bisa cas beberapa Handphone bahkan bisa juga untuk cas akki pada saat yang bersamaan.
  • Nambah pengetahuan jika kita mau merakitnya sendiri.
Demikian kelebihan charger multifungsi yang kita buat sendiri, Disamping itu ada juga kekurangan dari alat ini. seperti yang saya bilang diatas semua ada kekurangan dan kelebihannya masing masing.


Kekurangan Charger MultiFungsi Buatan Sendiri

Untuk kekurang alat ini hanya sedikit karena alat ini tergolong biasanyaja. Tapi jika kalian kreatif dalam mempercantik bisa jadi lebih keren dari pada yang aslinya.

  • Bentuknya terlalu besar jadi tidak bisa dibawa-bawa pergi. melihat dari fungsinya suda lumrah.
  • Ribet, Bagi orang yang tidak kreatif.
Mungkin saya rasa hanya itu kekurangannya. 

Kesimpulan.

Kesimpulan dari artikel ini tidak lain hanyalah menumbuhkan rasa kreatifitas manusia. jika bagi orang-orang yang kurang kreatif memang termasuk ribet, Karena bagi meraka tinggal beli aja gampang.
Bukan masalah gk bisa beli tapi dari pada ada barang tidak terpakai kan lumayan bisa jadi lebih berguna lagi..
kira-kira seperti itu..

Demikian artikel kali ini terima kasih sudah berkunjug di Website kami, Jika ada pertanyaan bisa langsung komen saja di kolom komentar yang sudah disediakan atau bisa juga komen di youtube kami, dan jangan lupa Subscribe Channel Kami.

Terima Kasih.


Posting Komentar

Silahkan tulis komentar sesuai topik. Gunakan bahasa yang baik dan benar.