ANDROID

 Sesuai nama blog ini yaitu android ndeso, di postingan yang perdana  ini adroid ndeso ingin menyajikan urutan android dari yang pertama hingga yang terbaru. sebelum android ndeso mengulas tentang urutan android , apa sih android itu?? Android adalah sistem oprasi mobile yang sangat populer di dunia. bahkan sampai ada yang mengatakan dunia android wah waha wah sebegitu besarnya nama andrid itu, mungkin sebagian besar masyarakat di dunia ini sudah mengenal android , meski ada sistem oprasi mobile yang yang lain seperti iOS, android tetap jadi yang teratas, Menurut statcounter pangsa pasar didunia android mencaapai 72 % sedang pesaingnya yaitu iOS menduduki urutan kedua,Salah satu faktor yang menyebabkan android lebih populer adalah dari sumber codenya dirilis secara open source.


    Sistem operasi android berawal dari Inc yang didirikan pada tahun 2003 yang kemudian di kuasai oleh google pada tanggal 17 agustus 2005 wah hebat yahh kita orang indonesia.. kebetulan banget bertepatan dengan hari kemerdekaan kita orang indonesia. sejak saat itu androidpun semakin populer bahkan sampai saat ini udah ada beberapa nama android..


    BERIKUT URUTAN SISTEM ANDROID


    1.Android 1.0 Alpha

Android 1.0


Versi Android 1.0 Alpha ini pertama kali rilis pada september 2008 dan tidak ditunjukan untuk kebutuhan komersial, walaupun belum rilis secara komersial, versi android ini telah dilengkapi fitur web browser, steaming youtube, pemutar media, google map, dan sinkronisasi dengan aplikasi google lainnya. 


    2. Android 1.1 Beta

Android 1.1


Selang bebrapa bulan versi android yang keduapun rilis pada tanggal 9 februari 2009. masih sama seperti versi sebelumnya belum rilis secara komersial, hanya diperuntukan untuk satu perangkat. pembaruan di versi ini hanya memperbaharui bugs dan meningkatkan fitur google map.


    3. Android 1.5 Cupcake

nah yang ketiga ini yang mulai di perkenalkan secara komersial dan juga namanya mulai lucu-lucu gimana gitu.. kenapa yah namanya ko nama makanan.. apakan android pada masanya nanti seperti makanan sehari hari. sepertinya saat ini mulai kelihatan ada benarnya android menggunakan nama makan hehehe bisa kalian perhatikan sekarang, orang-orang di masa kini sepertinya androin kaya makanan.. oh iya hampir lupa gara-gara namanya kaya makanan jadi lupa rilisnya anroid ini. Android versi ini rilis pada 30 april 2009.


    4. Android 1.6 Donat

Android 1.6


Tuh kan yang berikutnya namanya menggoda iman ehh menggoda lidah maksudnya.. Adroid versi donat ini rilis 15 september 2009, fitur yang di tanam di android ini mulai meningkat, seperti persentasi daya baterai sudah ada, fasilitas pencarian di android kaya misalnya playstore,dan juga dukungan gestur.


    5. Anroid 2.0 Eclair

nah pada tanggal 26 0ktober 2009 Androidpun diperbarui ke versi 2.0 dengan memperbaiki masalah bug dan menambah beberapa fitur tambahannya seperti multi touch, live wallpaper serta didukung dengan browser HTML5, makin keren aja nih perkembangan android yang tidak memerlukan banyak waktu.masih dalam tahun yang sama sudah melakukan beberapa pembaruan.


    6. Android 2.2 Froyo

Android 2.2


pada tanggal 20 mei 2010 Android kembali melakukan gebrakan dengan meluncurkan versi terbarunya yaitu Android 2.2 dengan nama Froyo. pada versi ini mulai android dikenal luas oleh pabrikan ponsel.


    7. Anroid 2.3 Gingerbread

di versi inilah ndroid mulai melalanglang buana keseluruh dunia bahkan indonesiapun sudah disinggahinya.. hehe contohnya mimin  pernah  pai Android ini waktu mimin pakai ponsel Sony Erickson,di versi ini lah Android menjalin kerja sama dengan Pabrikan samsung dengan produknya samsung galaxy series. tanggal 6 desember 2010 versi ini rilis dengan menambah fitur NFC, copy paste. 


    8. Android 3.0 Honeycomb

Versi ini yang mungkin tidak begitu dikenal bahkan saya sendiripun tidak begitu tahu.. terang saja karena pada versi ini memang di khususkan untuk perangkat tablet pc. dengan membawa fitur yang ditunjukan untuk komputasi bisnis pada tablet. fitur yang di tanam pada versi Android Honeycomb seperti dukungan prosesor multi core, dukungan obrolan video dengan google talk dan percepatan saat berpindah aplikasi yang sedang berjalan. dengan fitur multitasking recent apps.


    9. Android 4.0 Ice Cream Sandwich

Paada tanggal 19 oktober 2011 Android kembali meluncurkan versi berikutnya yaitu Versi 4.0 Android Ice Cream Sandwich versi android yang paling dingin sesuai namanya es cream heheh..


    10.Android 4.1 Jelly Bean

Android 4.1 jelly bean dirilis pada tanggal 27 juni 2012. pengembangan versi ini lebih berfokus kapada peningkatan peforma tampilan antar muka. fitur bru yang di tanamkan pada versi jelly bean adalah keyboard yang bisa di costumisasi oleh pengguna dan dukungan gestur pada keyboard.widget yang bisa di atur posisi dan ukurannya.dan pada nama jelly bean ada bebrapa versi seperti 4.2 dan 4.3. di keduanya melakukan beberapa perbaikan buk dan fitur lainnya.


    11. Android 4.4 KitKat

pada versi 4.4 Android menggunakan nama kitkat yang dirilis pada tanggal 31 oktober 2013. pada versi android ini pihak android meningkatkan beberaa fitur dan menanamkanya fitur-fitur unggulan yang semakin baik diantaranya adalah fitur webviews yang berbasiskan chromium, Dukungan step detektor dan sensor batching.


    12. Android 5.0 Lollopop

Lollipop mendengar namanya teringat premen yang sangat manis dan enak, kenapa yah android memberi nama itu. jika ada yang tahu bisa komen dibawah. veri lollipop dirilis pada tanggal 25 juni 2014 dengan dibekali bebrapa fitur unggulannya yaitu user interface yang mengikuti google desain yaitu material design dan fitur factory reset protection untuk menjaga ponsel agar tidak bisa direset saat hilang.


    13. Andrid 6.0 Marshmallow

Android 6.0


Versi android pertama yang menanamkan sensor sidik jari ialah android versi Marshmallow, selain membawa fitur multi window yng bisa menjalankan 2 aplikasi sekaligus.


    14. Android 7.0 Nougeth

pada tanggal 19 oktober 2016 androin memperbarui versinnya ke versi 7.0 dengan di beri nama Android Nougeth, namanya membikin perut laper heheh.. pada versi ini tidak banyak fitur yang ditambahkan nhanya meningkatkan peforma fitur yang sudah ada diversi sebelumnya.


    15. Android 8.0 oreo

Pada versi ini android mengoptimalkan vitur booting agar lebih cepat, dan benerapa fitur lainnya yang saya rasa kalian semua sudah pada tau..


    16. Android 9.0 Pie

Android 9.0


Android pie atau versi 9.0 menyematkan fitur baru seperti adaptai brightnees.. yang akan menyesuaikan kecerahan layar secara automatis.

dan dukungan bezel less serta dibekali dengan fitur AI atau kecerdaasan buatan.


    17. Android 10

Android yang terakhir sampai postingan ini di poskan.. adalah android 10 yang sampai saat ini belum diberi nama padahal sudah menduduki pasar disebagian besar dunia. entah apa yang membuat android yang ini tidak di beri nama mungkin males kendurinnya kebanyakan yang di undang kali yah..  pada fersi yang terakhir ini android sudah sangat lengkap fiturnya.. mungkin semua dari kalian sudah pada tahu karena sekarang harga ponsel banyak yang murah dan menanamkan sistem oprasi android 10.


Itulah urutan nama dan versi android dengan sedikit penjelasan fitur yang di tanamkan di masing-masing versinya. dan kini android tidak hanya di instal di ponsel tapi juga di beberapa perangkat pintar.. seperti smart tv, jam tangan, camera dan bahkan mobil ada juga yang menggunakan sistem oprasi android.

sekian dari saya jika ada pertanyaan silahkan tulis dikolom komentar.


Posting Komentar

Silahkan tulis komentar sesuai topik. Gunakan bahasa yang baik dan benar.