10 Kerusakan Tv Polytron Yang Sering DiTemui

         Berikut 10 kerusakan tv polytron yang sering dialami atau sering terjadi, ada banyak kasus yang dialami tukang reparisi khususnya pada televisi polytron dan pada kesempatan kali ini saya mau mencoba berbagi 10 kerusakan televisi polytron yang sering ditemui.

playback polytron


    1. TV POLYTRON LED POWER BERKEDIP CEPAT
Pada umumnya jika tv di nyalakan lampu led akan nyalai terang kemudian jika tv udah setar atau on lampu berganti warna  atau meredup tergantung pada jenis atau merek tv nya. jika tv plytron sebagian besar nyala terang kemudian berubah warna jadi kuning.

jika tv polytron dinyalakan lampu led hanya berkedip-kedip  yang pernah saya alami kerusakannya adalah:

  • Yang pertama tr horisontal bisa di cek.
  • yang kedua flyback
silahkan dicoba dan jangan lupa ek semua tegangan.


    2. TV POLYTRON LED NYALA TIDAK MAU SETAR ATAU NYALA.

tv polytron hanya nyala led indikator atau hanya standby biasanya kerusakan terjadi pada elko 50 volt untuk B+ trafo osilatos yang terhubung dengan basis tr horisontal. 


    2.TV POLYTRON NYALA SEBENTAR MATI LAGI

tv polytron nyala sebentar mati lagi kerusakan semacam ini biasanya ada pada komplek ic vertikal. cek solderan pada area ic vertikal atau langsung solder ulang. ganti elko di area ic vertikal.

playback polytron

    3. TV POLYTRON WARNA TIDAK NORMAL DOMINAN SALAH SATU WARNA.

tv polytron keluhan warna tidak normal atau hilang salah satu warna. solusi cek semua tr RGB dan jalurnya resistor yang terhubung ke tr RGB di cek cuga cari bagian yang warnanya hilang. solusi ganti tr yang mati. atau juga kadang hanya solderan yang kendur. bisa soder ulang terlebih dahulu..

elko area vertikal

    4.TV POLYTRON TIDAK ADA SUARA GAMBAR NORMAL

Tv polytron tidak ada suara gambar normal beleum tentu kerusakan ada pada ic audionya tapi kangkah yang paling awal adalah cek IC audio jika IC audio masih bekerja dengan baik adakemungkinan IC depan nya ada beberapa tv polytron menggunakan IC yang berfungsi sebagai tune control Dari situlah kerusakaannya yang pernah saya alami. sayangnya saya lupa nomer IC nya.


    5. TV POLYTRON NYALA HANYA BERGARIS DI TENGAH

kerusakan semacam ini sudah pasti IC vertikal yang udah mati, solusi ganti IC vertikal cek juga arus yang ke IC vertikal normalnya 25 volt. jika menggunakan 3 chanell -12 volt +12 volt 0 (ground)


    6. TV POLYTRON MATI TOTAL LISTRIK NJEGLEK 

Tv polytron mati total sering di alami tv polytron mati total. Kerusakan semacam ini yang biasa di temui tr regulator yang mati dan biasanya penyebabnya TR horisontalnya yang mati terlebih dahulu, solusi ganti TR horisontal terlebih dahulu lepas TR horisontal cek apakah mati atau tidak.. Setelah TR horisontal di hati nyalakan tv cek semua tegangan yang keluar dari regulator.. Tegangan B+ normal 115..


   7. TV POLYTRON GAMBAR BURAM. 

Kerusakan tv polytron gambar buram sangat mudah.. Biasanya kerusakan Mac ini terjadi dari mulai awal kerusakan.. Jika tv baru dinyalakan buram tidak jelas kemudian lama-lama akan terlihat jelas.. Dan seperti itu semakin lama semakin lama juga akan terlihat jelasnya.. kerusakan pada soket RGB. solulusi ganti soket RGB pasti joss


    8. TV POLYTRON MATI ARUS LISTRIK MASUK LAMPU MATI.

Jika tv mati total lampu indikatorpun ikut mati tapi arus listrik masuk kerusakan seperti ini biasanya yang mati transistor horisontal mati konslet.. solusi ganti transistor horisontal..

    9. TV POLYTRON TRANSISTOR HORISONTAL JEBOL TERUS.

Kerusakan yang terjadi pada televisi polytron transistor jebol terus meskipun sudah di ganti dengan yang baru tetapi tidak lama jebol lagi bahkan belum nyala baru angkatan mati lagi atau jebol lagi transistor horisontalnya.. kerusakan seperti ini disebabkan oleh kapasitor di jalur kaki colektor transistor horisontal. nilai dari capasitor tersebut 12n 1200v ganti capasitor tersebut dahulu sebeleum menggati transistor lagi..

    10. TV POLYTRON NYALA HANYA GARIS VERTIKAL KE ATAS.

Kerusakan seperti ini terjadi karena kerusakan pada bagian horisontal. biasanya capasitor nya yang rusak c 470n 250v coba itu dulu diganti atau cek jura resistor yang terhebung denan kapasitor tersebut.


Demikian postingan kali ini yang bisa saya bagian, semoga dengan artikel 10 kerusakan tv politron yang sering ditemui bisa membatu kalian.. semoga bermanfaat bagi kita semua Amin..
jika ada yang mo di tanyakan silahkan tinggalkan komentar di bawah terima kasih salam oprek.

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar sesuai topik. Gunakan bahasa yang baik dan benar.