Token Listrik Gagal Di Input Atau Di Masukan

 Caraservis - Tips cara mengatasi token listri yang gagal di input, Saat ini pln mengeluarkan produk pln yang baru, tidak seperti yang dulu dalam metode pembayarannya. Yakni dengan metodi prabayar. Dalam metode prabayar, pengguna akan membayar terlebih dahulu sebelum memakai listrik.

pln.co.id


Lain halnya dengan yang dulu, Meskipun saat ini masih banyak yang model atau metode dulu yaitu listrik paska bayar. Listrik paska bayar yakni pengguna akan memakai listrik dulu baru membayar.

Memang lebih nyaman yang sekarang bagi banyak orang yang setuju dengan metode yang baru ini. Banyak keuntungan yang di dapat dai metode yang baru ini atara lain pengguna tidak perlu datang ke kantor pln untuk membayar listrik. Kita hanya cukup membeli token listrik, Dan listrikpun sudah bisa kita gunakan. Dan untuk mendapatkan token listrik tersebut sangatlah mudah. KArena yang jual token listrik banyak dari mulai konter hp yang jualan pulsa sudah pasti sedia token listrik dan banyak aplikasi- aplikasi  bayar-bayar pun menyediakan token listrik, Jadi sangatlah simpel dan praktis.

Namun di balik kemudahan dan kepraktisan menggunakan listrik prabayar adakalanya saat mengisi token listrik justru gagal terus. Saya sendiri baru mengalami hal tersebut yaitu gagal menginput token istrik.

Jika token listrik gagal di input dan terjadi berulang atau terus menerus sehingga menimbulkan masalah atau eror pada aliran listrik. Bisa dibayangkan kerena pada KWH listrik prabayar ada alarmnya. Alarm yang berfungsi sebagai indikator atau pemberitahu bahwa nila metir atau arus listrik yang dimiliki sudah limit.
Jadi jika token gagal di input pada posisi angka meter yang kecil maka alarm akan bunyi terus menerus yang membuat kebisingan.

Lantas Apa saja yang menyebabkan listrik eror atau token gagal di input?

Terdapat beberapa faktor yang membuat proses pengisian token listrik gagal di input yakni:

1. Terjadi masalah pada server atau eror

Langkah terbaik ialah menunggu hingga server kembali normal seperti biasa baru kita bisa memasukan token kembali.
Salah ID meter, dimana ID meter bersifat unik layaknya nomer phonsel dan token yang sudah dibeli terhubung dengan ID meter, sehingga jika salah dalam order atau salah menunjukan ID meter dan kebetulan ID meter ada yang memiliki tetunya akan dinyatakan valid oleh serves maka token tersebut jelas tidak akan bisa masuk ke ID meter, Walaupun setiap kita order disitu ada atas nama sipemilik dari KWH tersebut, HAnya saja kadang kita tidak begitu memperhatikannya.
MAka dari itu kita harus berhati-hati dalam melakukan order token listrik. Baik melakukannya sama konter maupun alfamart Ataupun melakukan order dengan Aplikasi Bayar-bayar lainnya yang Anda miliki sendiri.

2. Ada masalah di meter prabayar

Permasalahan yang muncul dilayar meter prabayar, Diantarannya adalah jika muncul tulisan "YO MELEBIHI , PERIKSA, CANCEL, LOGO RELAY LEPAS, TANGAN DADAH, BLOCKED, CTL Bahkan meter mati. MAka sebaiknya Anda menghubungi PLN123 dan menjelaskan kondisi tersebut kemudian ikuti arahan dari petugas PLN, Karena jika tidak bisa dipastikan Anda tidak akan bisa melakukan pengisian token listrik.

3. Salah memasukan token listri prbayar.

Salah memasukan token listrik prabayar bisa mengakibatkan token listrik gagal di input atau dimasukan jika Anda memasukan melebihi batas waktu maksimal, Hal ini di karenakan token listrik bersifat unik sehingga harus sesuai. Kemungkinan salah dalam mengetik nomer pada meter. Maka berhati-hatilah dan teliti dalam memasukan token listrik karena cika token tersebut dimasukan libih dari tiga kali maka token tersebut akan di blocked secara otomatis.

4. KWH over limit

Dalam waktu satu bulan jumlah pemakaian listrik prabayar sudah di seting atau diberi limit pemakaian sesuai dengan nilai KWH meter masing masing HAnya saja jang ada orang yang tahu tentang ini, maka jika jumlah jumlah pemakaian kita sudah melampaui limit kita akan diberi peringatan pada KWH meter kita. Terkadang peringatan tersebut muncul secara langsung dalam waktu kita memakai listrik secara berlabihan dalam arti melebihi dari niali KWH meter. 

Hal ini sudah pernah saya alami sendiri, sedikit cerita pengalaman saya.
Jika Anda akan menggunakan listrik dalam pemakaian yang banyak sebaiknya gunakanlah listrik dengan daya yang besar. tingkatan daya listrik mulai 450 watt, 900 watt, 1200 watt dan seterusnya. sesuaikan kebutuhan Anda sebelum Anda menggunakan listrik prabayar.

Saya menggunakan listrik yang 900 watt dan saya menggunakan mesin las 750 watt maka yang terjadi listrik tidak kuat atau njeglek meskipun telah saya akali dan akhirnya kuat tidak mjeglek, maka dari meter langsung mati tanpa njegek dan pada layar meter tertulis YO MELABIHI kalau tidak salah seperti itu tulisanya. 

Perlu di ketahui kehidupan kita sangatlah bergantung pada listri. Bila terjadi masalah terkaitlistrik sangatlah menyusahkan dan sangatlah terganggu apalagi seperti saya yang menjual vocer wifi sanagatlah merugikan. Namun jika Anda mengalami hal-hal tersebut janganlah panik jika memang ada disekitar Anda yang tahu dan bekerja pada PLN segera hubungi tapi jika Anda tidak tahu lebih baik langsung hubungi PLN pusat di (kode area)123. Nantinya dari PLN pusat akan menugaskan petugas pln terdekat untuk datang kerumah Anda. 

Berikut cara melakukan pengaduan keluhan PLN online 

1. Cara pengaduan keluhan PLN online

Saat ini tak perlu susah-suah untuk mendatangi kantor pln hanya untuk pengaduan keluhan masalah kelistrikan di rumah Anda atau di lingkungan Anda. kenapa saya menulis lingkungan Anda karena keluhan mengenai kelistrikan bukan hanya terjadi di rumah bahkan diluar rumah pun sering terjadi yang bisa mengakibatkan dampak yang sangat buruk. karena juka yang terjadi masalah diluar rumah bisa jadi yang terkena dampaknya banyak orang.

Pengaduan bisa dilakukan dengan cara mengunjungi website resmi PLN yakni dengan cara pilih menu kontak, isi formulir lengkap dengan benar kemudian ajukan. dengan cara itu maka pengaduan akan segera diproses. web.pln.co.id

Selain melalui website, PLN juga membuka akses melalui media sosial seperti Facebook dengan nama PLN 123, twitter @pln_123,  IG pln123_official, serta alamat email pln1232@pln.co.id Perlu diketahui layanan PLN memberikan pelayanan 24 jam setiap hari.

Ada juga yang lebih prktis melalui aplikasi android milik pln Yaitu PLN MOBILE Disitu langsung ada kontak pengaduan keluhan tengtang kelistrikan,
Anda juga bisa melakukan pengajuan tambah daya pada aplikasi tersebuat dan juga bisa melakukan pengajuan sambung baru bahkan Anda juga bisa membeli token listrik di Aplikasi tersebut. Silahkan bias Anda download di Playstore

Perlu Anda ketahui kenapa pihak pln Atau petugas pln daerah jika dihubungi pengguna menyuruh untuk menghubungi pusat. Karena sudah ada peraturan dari pusat Agar tidak ada tindakan yang merugikan pengguna dari petugas pln yang melakukan pelayanannya.

Maka dari itu jika dari pihak pln ada yang meminta bayaran dalam melakukan pelayanannya maka Anda di perbolehkan untuk melaporkan ke PLN pusat. terkecuali permasalahan Ada pada instalasi dirumah Anda.

Demikian tips cara mengatasi token listrik yang gagal di input, Semoga dapat membantu, terima kasih sudah berkunjung jangan lupa share keteman kalian lewat tombol dibawah.

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar sesuai topik. Gunakan bahasa yang baik dan benar.