Video Bokeh Full Jpg Png Bmp Mp4

Video Bokeh Full Jpg Png Bmp Mp4 - Jika Anda sering mengunjungi situs web fotografi atau memiliki teman fotografer, maka ada kemungkinan Besar Anda pernah menemukan istilah bokeh sebelumnya. Penggemar kamera membahas efek optik ini secara teratur, tetapi apa sebenarnya? Diambil dari kata Jepang untuk "blur," bokeh telah menjadi jargon fotografi yang digunakan untuk menggambarkan bagaimana lensa merender latar belakang yang tidak fokus.

Video Bokeh Full Jpg Png Bmp Mp4

Video Bokeh Full Jpg Png Bmp Mp4

Banyak fotografer menyukai bokeh karena kualitasnya yang menyenangkan secara visual. Ini tidak hanya memberikan latar belakang buram yang menarik perhatian pada subjek, tetapi juga menciptakan gambar yang terlihat menerai, menarik perhatian dan bahkan dunia lain.

01. Gunakan lensa yang tepat

Video Bokeh Full Jpg Png Bmp Mp4
Alasan mengapa beberapa orang frustrasi dengan bokeh adalah bahwa mereka mungkin menggunakan lensa yang salah. Rahasia mendapatkan bokeh cantik adalah menggunakan lensa yang memiliki aperture minimal f/2.8. Sayangnya, bukaan diafragma maksimum lensa kit biasa (lensa yang sering ditemukan pada kamera entry-level) hanya serendah f/4.5 atau f/3.5. Meskipun kurang lebih hanya dua f-stop jauhnya dari aperture ideal, itu masih belum cukup lebar untuk memberikan buram latar belakang penting untuk bokeh.

Jadi jenis lensa apa yang harus Anda gunakan, lalu? Untuk pemula, lensa 50mm adalah pilihan terbaik. Ini murah, mudah ditemukan, dan bukaannya terbuka hingga f/1.8 atau f/1.4. Selain 'nifty fifty', Anda juga dapat menggunakan lensa telefoto untuk membuat latar belakang kabur. Lensa dengan panjang fokus yang lebih panjang meningkatkan kedalaman bidang (juga disebut DOF) bahkan ketika jarak antara kamera dan subjek tidak berubah. Ditambah dengan f-stop rendah (f/2.8 atau lebih rendah), memperbesar apa yang Anda foto dengan telefoto meningkat buram secara signifikan.

Saat memilih lensa bokeh yang ideal, pertimbangkan juga untuk melihat bilah bukaan. Cara mereka membentuk bukaan aperture mempengaruhi bagaimana pola di latar belakang terlihat. Misalnya, lensa dengan 9 bilah menciptakan bukaan yang lebih bulat, membuat sumber cahaya tampak melingkar dan lebih terlihat alami. Di sisi lain, lensa yang memiliki lebih sedikit bilah (sekitar 5 atau 7) menghasilkan bola berbentuk poligon yang terlihat kurang diinginkan.

02. Atur kamera Anda ke mode AV

Karena perhatian utama Anda dalam mencapai bokeh adalah menjaga aperture Anda tetap lebar, maka hanya praktis untuk mengatur kamera Anda ke mode AV (juga dikenal sebagai Prioritas Aperture). Pengaturan yang berguna ini memungkinkan Anda memilih bukaan dan secara otomatis mengatur kecepatan rana untuk Anda.
Video Bokeh Full Jpg Png Bmp Mp4
Dalam Mode AV, Anda tidak perlu menebak pencahayaan dan kehilangan waktu berharga dengan tombol. Setelah bukaan Anda diatur, yang harus Anda khawatirkan adalah menekan rana.
Namun, kamera Anda mungkin tidak selalu mendapatkan pencahayaan yang tepat terutama dalam situasi pencahayaan yang rumit. Terkadang, kamera Anda menjadi bingung dan memilih pengaturan pencahayaan yang salah, jadi jangan ragu untuk menggunakan tombol kompensasi pencahayaan Anda (ditandai dengan simbol -/+ pada kamera Anda) untuk menyesuaikan seberapa terang atau gelapnya gambar Anda.

03. Pilih latar belakang yang baik

Video Bokeh Full Jpg Png Bmp Mp4

Untuk mencapai bokeh, memilih latar belakang yang tepat sangat penting. Meskipun mudah untuk mengaburkan bagian dari adegan dengan lensa Anda, itu tidak selalu menjamin gambar Anda akan memiliki bokeh yang baik.Latar belakang polos tidak membuat bokeh yang baik karena tidak ada banyak yang terjadi secara visual. Jika Anda melihat bidikan bokeh yang indah, Anda akan melihat bahwa bahkan dengan latar belakang buram, elemen tertentu seperti bola ringan atau tekstur dan pola lembut muncul secara menonjol dalam gambar.

Tempat yang sempurna untuk bokeh berada di lokasi perkotaan. Lampu dari bangunan dan lampu jalan menyediakan komponen visual yang menarik untuk latar belakang Anda. Cahaya yang memantulkan pada badan air seperti kolam dan danau menciptakan efek bokeh yang menawan juga.

04. Juga pertimbangkan latar depan yang baik

Orang sering membayangkan gambar dengan latar belakang buram ketika mereka memikirkan bokeh. Tetapi istilah ini berlaku untuk latar depan juga.

Video Bokeh Full Jpg Png Bmp Mp4
Catatan: Beberapa fotografer menggunakan lampu string untuk membuat bokeh latar depan.
Sama seperti dengan latar belakang, carilah lampu dan pola yang menarik untuk mengisi latar depan. Ketika bekerja dengan bukaan diafragma lebar, kedalaman bidang yang dangkal berlaku untuk latar belakang dan latar depan. Setelah Anda menyesuaikan fokus pada subjek Anda di tengah, semua yang ada di depan dan di belakangnya akan buram.

Permukaan reflektif seperti jendela menciptakan bokeh latar depan yang baik. Lampu yang memantulkan pada jendela dengan mudah mengisi ruang negatif di depan subjek Anda. Namun, saat memotret dengan jendela, Anda perlu bereksperimen dengan sudut yang berbeda untuk menghindari pantulan yang tidak diinginkan (seperti secara tidak sengaja menangkap diri Anda memegang kamera).

Fotografer biasanya menggunakan polarizer untuk menghilangkan pantulan yang tidak diinginkan, tetapi Anda ingin menyimpan pantulan tersebut untuk bokeh. Jangan menembak langsung melalui jendela. Sebaliknya, perlahan-lahan miringkan kamera Anda sedikit menjauh dari Anda sampai Anda tidak melihat pantulan Anda di jendela bidik, lagi.

05. Fokus pada subjek.

Untuk membuat bidikan bokeh yang indah, pastikan Anda juga menerangi subjek Anda secara memadai. Ini mungkin tampak tanpa otak, tetapi jika Anda terlalu fokus untuk mendapatkan bokeh di belakang, Anda mungkin lupa bahwa titik fokus utama Anda juga harus menyala.
Video Bokeh Full Jpg Png Bmp Mp4
Catatan: subjek Anda mungkin berakhir dengan siluet jika Anda tidak mengekspos bidikan Anda dengan benar.
Jika Anda mencari bola bercahaya yang selalu Anda lihat dalam gambar, maka masuk akal untuk mencari banyak lampu di latar belakang. Namun, Anda juga perlu memeriksa apakah lampu di belakang subjek Anda tidak terlalu terang. Jika tidak, model Anda akan berakhir dengan backlit dan yang akan Anda dapatkan hanyalah siluet (ini baik-baik saja jika itu adalah tampilan yang Anda cari).

Untuk membuat eksposur yang baik, mengukur subjek Anda dan bukan apa yang ada di belakang. Cukup fokus pada model Anda dan kamera akan menyesuaikan pengaturan pencahayaan yang sesuai. Terkadang, memilih aperture terbesar juga bisa membuat fokus Anda "lembut" karena kedalaman lapangan yang dangkal. Untuk menghindari hal ini, pilih aperture yang tidak hanya membuat latar belakang buram, tetapi juga memastikan bahwa objek yang Anda inginkan dalam fokus tajam. Tidak selalu perlu menggunakan bukaan diafragma maksimum lensa Anda. Misalnya, jika lensa Terbuka hingga f/1.4, Anda dapat memilih f/1.8 atau f/2.8.


06. Buat beberapa jarak antara subjek dan latar belakang

Maksimalkan efek bokeh lensa Anda dengan menciptakan jarak yang cukup jauh antara subjek dan latar belakang Anda. Biasanya, semakin jauh objek yang Anda foto adalah dari latar belakang, semakin baik bokeh. Hanya beberapa kaki celah tidak akan melakukan trik. Subjek Anda harus berjarak setidaknya beberapa meter dari latar belakang untuk mencapai efek terbaik.

Video Bokeh Full Jpg Png Bmp Mp4
Jika Anda menggunakan lensa dengan panjang fokus pendek (seperti 50mm), mungkin perlu untuk tetap dekat dengan subjek untuk membuat bokeh yang lebih jelas. Di sisi lain, jika Anda menggunakan telefoto (seperti 85mm atau lebih lama), menjauh dari orang atau objek yang Anda foto biasanya tidak akan mengurangi efek bokeh karena panjang fokus lensa yang panjang. Ingatlah bahwa terlepas dari lensa yang Anda gunakan, selalu disarankan untuk menjaga subjek Anda cukup jauh dari latar belakang.
Jarak yang ideal tergantung pada situasinya. Tentu saja, semakin besar ruang antara subjek dan latar belakang, semakin kecil lampu dan pola akan muncul. Jika Anda ingin bola lampu besar, maka Anda harus menjaga model Anda cukup dekat dengan sumber cahaya. Atau, Anda dapat menggunakan lensa dengan panjang fokus yang lebih panjang (seperti 135mm) untuk membuat bola besar tanpa harus bergerak lebih dekat ke latar belakang.

07. Bermain-main dengan warna


Selain kabur creamy, bokeh juga menyediakan latar belakang yang berbeda dan berwarna-warni yang terlihat menarik secara visual. Banyak fotografer aktif mencari bokeh untuk "bola ringan" yang diciptakannya. Efek ini dicapai ketika gambar kabur ke titik lampu mulai terlihat seperti pesawat ruang angkasa mengambang.
Cari lokasi dengan sumber cahaya berwarna-warni. Melakukannya memungkinkan Anda untuk bereksperimen dengan warna dan pola yang berbeda untuk bokeh Anda. Fokuskan lensa Anda secara manual untuk mengaburkan adegan jika Anda ingin tahu bagaimana tampilannya sebagai latar belakang bokeh. Ambil beberapa bidikan uji dan cari tahu cara menyusun gambar Anda.

Jangan mencari gumpalan cahaya yang berantakan. Cari pola untuk membuat komposisi yang menarik. Juga, cobalah untuk menerangi subjek Anda dalam warna yang berbeda dari latar belakang. Lampu dengan warna yang melengkapi warna dominan di latar belakang akan membuat siapa pun di latar depan menonjol. Misalnya, Anda dapat menerangi subjek Anda dengan warna-warna dingin untuk menyeimbangkan lampu berwarna hangat di belakang.
Apakah Anda menyadarinya atau tidak, Anda sudah mempelajari bokeh setelah Anda mulai bermain-main dengan kedalaman bidang kamera Anda. Ini adalah efek langsung dari menggunakan aperture lebar dan DOF sempit. Bahkan dengan lensa kit, tidak mengherankan melihat beberapa bokeh ketika Anda mengambil foto. Efek yang Anda dapatkan mungkin tidak mengesankan dibandingkan dengan lensa yang lebih baik, tetapi berhasil menunjukkan kepada Anda cara kerja konsep.

Mencapai bokeh jauh lebih sederhana daripada apa yang orang lain membuatnya muncul. Jangan terlalu khawatir tentang aspek teknis efek ini. Selama Anda memiliki kamera yang memungkinkan Anda untuk mengontrol DOF Anda, maka Anda dapat dengan mudah membuat bidikan dengan latar belakang yang memikat.


Posting Komentar

Silahkan tulis komentar sesuai topik. Gunakan bahasa yang baik dan benar.