Cara Mengatasi Televisi Melebar Kanan Kiri

caraservis - Tv yang mengalami kelainan tampilan dengan tanda-tanda layar melebar kekiri dan kekanan secara vertikal disebabkan oleh blog horizontal mengalami kerusakan. Kerusakan tersebut disebabkan faktor prubahan ukuran komponen dan voltase meningkat. Terutama horizontal output.


Lalu apa saja penyebab niscaya tv dengan layar melebar ?
Berikut ini akan saya sebutkan satu persatu apa saja yang harus dicek biar kerusakan cepat tertangani dengan kondusif dan damai, hhh.

1. Periksa tegangan b+

Hal. Pertama yang perlu dilakukan ialah mengecek tegangan b+. Lihatlah berapa tegangan normal standar antara 115 vuntuk tv belum flat slim  -120v untuk flat, 110 untuk tv 14'. Tegangan b+ menghipnotis ukuran tampilan terutama pada tv cina. Karena tv tersebut mempunyai ciri kalau b+115V diadjust maka layar potongan samping akan berubah lebar atau semakin menciut. Dan tidak tertutup kemungkinan juga bahwa B+115 v tv jenis lainya juga besar lengan berkuasa terhadap tampilan layar samping.


2. Cek capasitor pada blog horizontal.
Capasitor ini sangat besar lengan berkuasa terhadap kelebaran layar arah samping. Karena dari sinilah ukuran layar mendapapt filter ukuran lebar layar. Semakin kecil nilai capasitor maka akan mengecil namun apabila nilai capasitor bertambah akan mengalami pelebaran layar terutama pada potongan samping kiri kana layar.

Namun dalam hal ini harus berhati hati kalau tidak mempunyai esr meter, lantaran kesalahan dalam uji coba penggantian kapasitor harusnya memakai c ganti dengan yang asli. Dan yang perlu diperhatikan betul terutama pada capasitor yang teletak di kaki kollektor transistor horizontal. Salah dalam penggantian maka berakibat fatal.


3. Defleksi yoke berubah nilai

Hal ini jarang terjadi.namun tidak tertutup kemungkinan kalau impedansi defleksi sanggup berkurang lantaran ada salah satu sudut Lilitan terbakar. sehingga impedansi mengalami dilema tampilan
Jika masalahnya pada yoke. Tidak sanggup teratasi maka ini sanggup diatasi dengan menambah lilitan. Namun kalau terbakar parah yoke harus diganti.

Hal menyerupai layar terlalu lebar juga terjadi pada ketika mengganti mesin tv dengan mesin baru. Terkadang hal ini juga tidak sanggup diatasi dengan menyetting lewat favtory mode. Untuk itu perlu menyetting manual dengan cara merubah nilai capasitor..

Beberapa pengalaman menangani tv gambar melebar

Tv Polytron slim usang

Polytron slim keluaran usang masih memakai transistor ew yang memakai tr D313. Tr ini berfungsi sebagai pengatur penguatan potongan samping layar. Apabila terjadi kerusakan pada transistor ew, maka sanggup jadi gambar melebar, menyempit, bahkan melengkung. Oleh alasannya itu pertama ketika mengalami potongan layar pada polytron slim, maka pertama ganti tr D313. Jika tidak ada sanggup memakai tip 41c.

Yang perlu dihindari ketika menemui kerusakan gambar melebar yaitu tv polytron slim ataupun tv slim lainya yaitu sebisa mungkin jangan terlebih dulu menuju factory mode. Karena kalau hanya itu yang ditempuh, maka sanggup jadi transistor bekerja terlalu panas. Sehingga transistor horizontal jebol.
Kemudian kalau sudah penggantian trD313 belum juga membuahkan hasil ,baru melangkah ke capasitor resonant dan pengatur lebar. Terdapat banyak sekali macam ukuran, namun yang niscaya ukur dulu dengan memakai esr meter. Jika tidak punya alat ukur maka ganti capasitor sesuai dengan aslinya. Namun jikalau tidak ada sanggup diganti dengan c yang mendekati nilai aslinya dengan catatan toleransi tidak lebih dari 10% aslinya apakah lebih ataupun kurang.

Tv cina gambarnya membesar

Hal ini sering saya alami pada ketika penggantian mesin baru. Hal ini dipengaruhi oleh ketidak cocokan antara chasis gres dengan defleksi yoke. Untuk mengatasi hal ini bisanya saya menambah lilitan yang dirakit pada horisontal output. Atau sebelum yoke. Lilitan yang dipakai memakai inti farrit kecil dengan coil sesuai dengan coil yoke. Untuk jumlah relatif seberapa besar nilai impedansi komplemen dari yoke. Pastinya ini memakai ilmu experimen. Hal ini bertujuan menambah impedansi yoke sehingga mengurangi tampilan gambar melebar.

Untuk melebar atas bawah, pada tv cina bekerjsama cukup hanya memakai factiry mode.. Namun kalau horisontal cukup ristkan untuk ini. Karena kalau blog horizontal jebol sanggup membahayakan semuanya.

Tv LG

Pertama gambarnya melebar, kemudian saya hanya mengandalkan servis mode. Hasilnya tv malah jadi rusak parah lantaran capasitor resonan mengecil nilainya. Sehingga kerja horizontal dipaksakan. Ini merupakan pengalaman yang sangat fatal, lantaran sehabis shortnya horizontal menjadikan tv mati total hingga ke ic jungle. Akhirnya ganti mesin baru. Rugi tr c6090.

Memperbaiki tv dengan tanda-tanda layar melebar kiri kanan sanggup di antisipasi dengan cek semua pada blog horizontal, terutama capasitor. Dan tidak kalah penting pada potongan yoke pada potongan dalam siapa tahu, didalam ada coil terbakar menjadikan impedansi yoke menjadi berkurang.
Thank.

Untuk cara mengatasi tv gambar kurang lebar bisa klik link berikut : https://youtu.be/oFZ38EJEZoY

Sumber https://soldiradem.blogspot.com

Tag: televisi, service televisi, tv LG, Tv sharp, Tv polytron, 

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar sesuai topik. Gunakan bahasa yang baik dan benar.