Panduan Custom Domain Blogger

            Costum Domain

    Berikut ini panduan Costum Domain Bloger, mengapa perlu Costum domain?? Ada beberapa alasan blog atau website mengcostum domainnya, diantaranya biar blog atau website kita terlihat keren, Karena jika kita daftar blog di blogger alamat blog kita akan ada embel embel ari blogger, seperti ini misalnya blognyalisus.blogspot.com

    Alasan utama kita mengcustom domain adalah jika kita ingin mengaitkan akun AdSense dan kita sudah memiliki akun AdSense hosted yang aktif, Karena syarat untuk menampilkan iklan di blog dengan akun Adsense hosted kita wajib Custom domain blog kita atau web kita.

    Sebelum kita melakukan custom domain kita harus punya domain yang berbayar dengan ekstesi .com, .id dan lain sebagainya tidak ada embel-embel blogspot misalnya.
Ada banyak wesite penyedia domain yang bisa kita kunjungi contoh www.rumahweb.com seperti yang saya gunakan ini.

    pertama kunjungi website penyedia domain kemudian daftar domain yang kaian suka misalnya lisustok.com atau caraservis.my.id setelah kalian sudah memiliki domain kalian sudah bisa melakukan lankah-langkah costem domain.

    Berikut Panduan Custom Domain Blogger
  1. Silahkan login ke Blogger kalian
  2. Setelah login Klik "setting" kemudian skrol ke bawak cari Custom Domain dan klik.

  3. Kemudian kalian masukan nama domain kalian misal lisustok.com dan cara memasukannya dengan menambahkan www jadi www.lisustok.com

  4. Kemudian klik simpan setelah muncul jedela seperti gambar di bawah ini kalian tinggalkan tab ini tapi jangan di tutup tab ini kalian buat tab baru.

  5. Kemudian kalian masuk ke penyedia domain melakukan Seting DNS.
  6. Kalian buka domain kalian kemudian klik kelola domain.

  7. Kemudian klik Manage DNS.
    jika muncul tombol update server kaian kilik update sampai tidak muncul lagi.
  8. Kemudian kalian klik Add New Record
  9. Membuat SEBUAH RECORD tiga buah dengan isi sebagai berikut    Nama Domain : kosongin saja, TTL : 14400, Record type : SEBUAH, Hostname : 216.239.34.21, buat tiga buah dengan isi hostname selanjutnya 216.239.36.21 dan 216.239.38.21

  10. Jika ketiganya sudah klik Add New Record lagi kemudian pilih CNAME Record type dan domain di isi sesuai yang tertera di jendela laman blogger tadi tinggal copy paste saja biar mudah.

    Perhatikan domain dan nama hostname atau tujuan.
  11. Jika semuanya sudah selesai maka tampilannya akan seperti ini
    dan seting record DNS selesai dan kembali ke blogger.
  12. kembali ke halaman blogger dan pada jendela domain tadi klik simpan tunggu sampai DNS kebaca.
  13. Kemudian jika kalian klik Redirect domain.
  14. Jika ingin mengaktifkan HTTS, Aktifkan HTTPS availability. dan tunggu beberapa saat sampai HTTPS redirect aktis.
Sampai disini kalian sudah berhasil meng Custom Domain Blogger kalian silahkan dicoba Akses web kalian jika belum ketemu tunggu 1 x 24 jam untuk proses propagasi DNS tersebut.

Sekian artikel dari saya semoga dapat membantu. jika ada pertanyaan bisa kita diskusikan bersama dikolom komentar, Terima Kasih Sudah Berkunjung

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar sesuai topik. Gunakan bahasa yang baik dan benar.