Bacaan Bilal Shalat Tarawih

 Tinggal beberapa hari lagi kita masuk bulan Rhamadan, Bulan yang penuh dengan rahmah dan hidayah.
Seperti biasa pada bulan Ramadan kita umat muslim akan melaksakan ibadah puasa dan malamnya melakukan shalat tarawih.
Pada shalat tarawih ada bacan bilal yang mana kita sering lupa karena hanya dilakukan setahun sekali meskipun satu bulan penuh, maka dari itu kami akan mencoba berbagi bacaan bilal shalat tarawih.

Bilal shalat tarawih 23 rakaat yang di ucapkan setiap 2 rakaat sekali. Pengerjaan shalat tarawih pada umumnya dilakukan 2 rakaat 1 salam sampai 20 rakaat dan ada juga yang menambahkan shalat fitir 3 rakaat yang di bagi menjadi 2 kali salam, 2 rakaat salam kemudian 1 rakaat terakhi salam. Jadi keseluruhan jumlahnya 23 rakaat dengan bacaan bilal yang berbeda-beda.

Bacaan Bilal Shalat Tarawih



Shalat tarawih berjamaah perlu ada bilal, ini bisa jadi untuk menandai rakaat shalat tarawih. dan juga menunjukan shalat kepada nabi. Diriwayatkan dari Abdurrahman bin Abdul Qari, ia berkata; Saya keluar bersama Sayyidina Umar bi Khattab ke majsid pada bulan ramadan. (Didapati dalam masjid tersebut) Orang yang shalat tarawih berdeda-beda Ada yang shalat sendiri ada yang shalat berjamaah.

Lalu Sayyidina umar berkata "Saya punya pendapat, Andai mereka saya kumpulkan dalam jamaah satu imam, niscaya itu lebih bagus.' Lalu beliu mengumpulkan kepada mereka dengan seorang imam yaitu sahabat Ubay bin Ka'ab. kemudian satu malam berikutnya, kami datang lagi ke masjid . orang -orang sudah melaksanakan shalat tarawih berjamaah dengan satu imam. Umar berkata, 'sebaik-baiknya bid'ah adalah ini (shalat tarawih berjamaah)
[HR.Bukhari]

Pengertian Bilal Shalat Tarawih

Bilal Adalah istilah lain dari muazin. Akan tetapi kata bilal lebih spesifik, lebih sekedar dari penyeru azan. Sebutan bilal sebenarnya mengambil dari sejarah bilal bin rabah, Shahabat rosululloh saw. yang menjadi orang pertama kali azan.

Tugas Bilal Shalat Tarawih

Seorang bilal shalat tarawih memiliki tugas memandu shalat terawih. orang tersebut membacakan bacaan bilal shalat tarawih yang sudah ada dan kemudian di jawab oleh jamaah.
Bacaan bilal juga bisa dijadikan pengingat rakaat dalam shalat tarawih yang berjumlah banyak. dan setiap dua rakaat salam.

Berikut bacaan bilal shalat tarawih beserta jawaban jamaah.

Bacaan Bilal Shalat Tarawih 23 raka'at

  1. Bilal: Shollu sunnatatarawihi rok'ataini jami'atan rohimakumulloh.  Jamaah jawab: Rohimakumuloh.  Bilal: Allohuma sholi ala sayyidina muhammad.  Jamaah: Allohuma sholi wa salim wa barik alih.
  2. Bilal: Fadlaminallohi ta'ala wani'kmah,  Jamaah: Wa magfirotau wa rohmah,  Bilal: Allohuma sholi 'ala sayyidina muhammad.  Jamaah: Allohuma sholli wa salim wa barik alaih.
  3. Bilal: Alkholifatul ula sayidina abu bakar shidik rodialloh anhu.  Jamaah: Rodialloh anhu,  Bilal: Allohuma sholi ala sayidina muhammad.  Jamaah: allohuma sholi wa salim wa barik alaih.
  4. Bilal: Fadlaminallohi ta'ala wa ni'mah,  Jamaah: Wa magfirotaw wa ni'mah,  Bilal: Allohuma sholi 'ala sayidina muhammad,  Jamah: Allohuma soli wasalim wabarik alaih.
  5. Bilal: Alkholifatusaniyatu sayyidina umar bin khotob,  Jamaah: Rodialloh anhu,  Bilal: Allohuma sholi ala sayidina muhammad,  Jamaah: allohuma soli wasalim wa barik alaih.
  6. Bilal: Fadlaminallohi ta'ala wani'kmah.  Jamaah: Wa magfirotau wa rohmah.  Bilal: Allohuma sholi 'ala sayyidina muhammad.  Jamaah: Allohuma sholli wa salim wa barik alaih.
  7. Bilal: Alkholifatu shalisatu sayidina umar bin afan Rodialloh anhu.   Jamaah: Rodialloh anhu.  Bilal: Allohuma sholi ala sayidina muhammad.  Jamaah: allohuma soli wasalim wa barik alaih.
  8. Bilal: Fadlaminallohi ta'ala wani'kmah.  Jamaah: Wa magfirotau wa rohmah,  Bilal: Allohuma sholi 'ala sayyidina muhammad.  Jamaah: Allohuma sholli wa salim wa barik alaih.
  9. Bilal: Alkholifatu robi'atu sayidina 'ali bin tholib Jamaah: Rodialloh anhu,  Bilal: Allohuma sholi ala sayidina muhammad,  Jamaah: allohuma soli wasalim wa barik alaih.
  10. Bilal: Akhirotutarawihi rak'ataini jami'atarohimakumulloh.  Jamaah: assolatu lla ilahailalloh,  Bilal: allohuma sholi ala sayidina Muhamad.  Jamaah: Allohuma soli wasalim wa barik alaih.
  11. Bilal: Sholu sunatal minal witir rok'ataini jamiata rohimakumulloh,  Jamaah: Rohimakumulloh.  Bilal: allohuma soli'ala sayidimuhammad.  Jamaah: allohuma soli wasalim wa barik alih.
  12. Bilal: Sholu sunatal minal witir jami'ata rohimakumulloh,   Jamaah: Rohimakumulloah,  Bilal: allohuma solliala sayidina muhammad.  Jamaah: Allohuma soli wa salim wabarik alaih.
Karena pada umumnya di indonesia umat muslim mengerjakan shalat tarawih 23 rakaat maka kami membagikan yang 23 rakaat. memang ada dari sebagian umat muslim di indonesia yang melaksakan shalat tarawih 11 rakaat, sebenarnya sama saja hanya perbedaannya jumlah dan bacaan bilalnya pun sedikit berbeda.


Mengingat sekarang yang biasa melantunkan azan banyak anak-anak sehingga untuk melatunkan bilal yang jumlahnya banyak takut banyak yang salah.
jadi lebih baik yang lebih dewasa yang melantunkan 
Demikian bacaan bilal shalat tarawih yang dapat kami bagikan.  semoga bermanfaat bila mana ada kesalahan mohon untuk dikoreksi dan di tulis dikolom komentar.
Terima kasih sudah berkunjung
Lebih lamaTerbaru

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar sesuai topik. Gunakan bahasa yang baik dan benar.