Cara mengatasi TV gambar dominan biru

 


    Hay shabat tuser bagaimana kabar kalian? semoga selalu dalam keaan sehat, Amin..
Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi bagaimana cara memperbaiki televisi tambung warna dominan biru. Bagi yang sudah senior hal ini sudah diluar kepala tanpa pikir.

Baik sahabat tuser tulisan ini saya tulis berdasarkan hasil kerja saya yang saya lakukan atau yang saya kerjakan, kebetulan kali ini saya mendapatkan atau kedatangan servisan televisi polytron 21in dengan kerusakan warna nominan biru disertai garis buku mendatar. baik bagaimana cara saya menyelesaikan masalah ini, dan kebetulan dalam proses pengerjaannya saya rekam dan saya upload diyoutube.
Berikut ini video diyoutube: 



Video tadi sama dengan yang apa aku tulis sekarang meskipun tidak persis, karena penulisan sama perkataan sambil bekerja itu beda. intinya cara mengatasi tv crt warna dominan biru sangat simpel sebenarnya.
Baik akan saya jelaskan dari awal, jadi jika kalian menemui kasus seperti ini yaitu televisi tabung kerusakan dibagian warna, Jadi untuk untuk mengatasi masalah seperti ini yang pertama wajib di cek adalah komponen di bagian metrik RGB.

Apa itu metrik RGB? metrik RGB adalah sebuah rangkaian kecil yang terletak dibagian belakang dari CRT Atau tabung dari sebuah televisi. untuk semua televisi sama. dan cara kerjanya juga sama meski rangkain rgbnya tidak sama persis namun fungsinya satu yaitu mengatur warna yang akan ditampilkan pada layar televisi.

jadi bahasa mudahnya metrik rgb berfungsi mengatur level warna padal tampilan televisi yang bakalan ditampilkan. dengan menggunakan 3 buah transistor yang sudah di atur sedemikian rupa untuk mengatur warna pada televisi yang dikontrol oleh IC crhoma. jadi masalah televisi gambar dominan biru bisa di debabkan selain komponen RGB metrik juga bisa disebabkan oleh ic chroma.

Dan langkah yang benar cara memperbaiki televisi warna dominan biru adalah cek dulu bagian metrik RGB. Caranya yaitu ukur tegangan di titik pin dari ketiga pin rgb yaitu Red, Green dan Blue. Jadi tegangan normal pada pada masing masing kaki colektor transisitor RGB adalah sekitar 170volt dan tegangan tidak tetap yaitu mengikuti dari warna yang di tampilkan.

Akan tetapi jika tegangan yang ada di kaki kolektor drop berarti ada masalah dibagian sistem warna pada televisi. langkah awal cek transistor yang tegangannya drop atau bisa juga cek tegangan yang masuk ke kaki basis transisitor RGB, normalnya tegangan yang keluar dari ic chroma ssekita 1,5volt hingga 2,5 volt.

Untuk kerusakan seperti ini biasanya karena rusaknya transistor RGB tersebut karena pada kaki kolektor short dengan emitor akan tetapi tidak 100% short, cara mudah menyimpulkan penyebab kerusakan warna pada televisi tabung adalah sebagai berikut:
Jika over disalah satu warna pada sebuah televisi yaitu karena tegangan pada jalur RGB yang ke CRT short.
akan tetapi jika masalah pada warna televisi hilang salah satu warna atau beberapa disebabkan tidak bekerjanya komponen warna pada sebuah televisi. ini biasa terjadi karena solderan retak pada bagian metrik RGB, Bahkan ada juga yang disebabkan karena TR RGB mati.

kesimpulan masalah tv dominan biru adalah overnya tegangan pada bagian RGB yang warna biru atau bisa juga karena hilangnya warna green dan red..

demikian artikel kali ini semoga bermanfaat. terimakasih.

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar sesuai topik. Gunakan bahasa yang baik dan benar.