Iklan AdSense Tidak Muncul Diblog Atau Website Dan Cara Mengatasinya

     Berikut beberapa penyebab iklan adsense tidak muncul di blog kita dan cara mengatasinya atau memperbaikinya. Banyak dari sekian banyak bloger kebingunggan dan mengeluh kenapa iklan Adsense tidak muncul di blog mereka. Tampilan pada lokasi iklan hanya blank.

keadaan ini membuat para bloger kawatir dan mengira-ngira dampak buruk terjadi Akun Adsense nya di banned.

Ada juga yang mengeluh iklan Adsense tidak mucul di wardpree baik di akses di hp maupun dari PC. Ddan terkadang ada pula yang iklan hanya tamppil pada halaman home, jadi pada tengah artikel tidak muncul atau tampil.

Dari berbagai keluhan tersebut Sama juga seperti yang pernah saya alami.. iklan awalnya muncul tiba-tiba tidak muncul lagi,Dari sinilah saya punya inisiatif untuk berbagi kepada sesama.

berikut akan saya paparkan Tips agar iklan Adsense muncul kembali di blig kita. seperti yang pernah saya alami.

Sebelum kita membahas ke arah cara mengatasinya alangkas baiknya kita ketahui dahulu penyebab mengapa iklan Adsense ttidak muncul di blog.

Penyebab Iklan Adsense Tidak Muncul Di Blog

Penyebab iklan Adsense tudak muncul di blog Ada banyak kemungkinan yang terjadi atau penyebabnya sebab penyebab iklan  tidak muncul Ada banyak unsur yang mempengaruhi ini semua.
Dalam penjelasan kali ini saya tegaskan bahwa Akun Adsense Anda masih benar-benar Aktif dan tidak terkena Banned.

Berikut ini beberapa penyebab iklan Adsense tidak muncul di blog:

Mengganti Template blog


Menggati templat merupakan sebuah tindakan mengganti susunan layout atau tata letak di website kita, baik dari segi bentuk maupun pewarnaan pada templat. mengganti templat sama saja menggati struktur blog atau website kita.
Lalu apa hubungannya dengan penyebab iklan tidak tayang.
Perlu di ketahui untuk diterima di google Adsense kita harus mematuhi beberapa peraturan dari program Adsense.. Salah stunya susunan letak pada templat.

walaupun kta sudah memiliki Akun Adsense non hosted, Ketika kita mengganti templat atau memperbaruhi templat yang baru google akan tahu hal ini dan melihat struktur templat baru pada blog kita.
iklan tidak tayang di blog
Ketika templat yang di pasang bagus itu tidak jadi maslah, tapi jika templat yang baru tersebut tidak lebih bagus atau lebih baik dari sebelumnya maka ini bisa menyebabkan iklan tidak muncul di halaman.

selain itu jug alangkah baiknya jika kita mau menggati templat blog atau wordpress ketika kita sudah menverifikasi PIN, Atau sebelum blog kita di daftarkan Adsense kita sesuaikan templat yang baik terlebih dahulu. memang bagi bloger pemula kaya saya dulu juga sering bergonta0ganti templat, itu hal yang sangat buruk karena hal tersebut membingungkan google.. eitt google juga bisa bingung lohh..

NAh itu penyebab pertama iklan google Adsense tidak muncul di blog

yukk kita lanjut yang berikutnya jangan buru-buru berfikir ganti templat..

Belum Memasang Ads.txt


Kebijakan google Adsense terbaru pada juli 2019 Google Adsense menyatakan bahwa blog yang mempunyai iklan non hosted harus memiliki file Ads.txt yang berisi kode iklan Adsense.
Namun ketika kita belum memasang Ads.txt Akan ada peringatan di dashbord google Adsense.
Jadi Anda tidak usah kawatir.... di peringatan itu sudah terlihat atau ada petunjuk cara pemasangannya.

Salah Mengatur Ads Balance

Ads balance merupakan salah satu fitur yang digunakan untuk melakukan penyaringan iklan didalam situs Anda, Lebih tepatnya yaitu iklan yang tampil sesuai dengan topik Atau isi dari Artikel blog kita.
misal blog kita topiknya tentang game Android maka iklan yang muncul harusnya tentang Aplikasi game, Jadi kesempatan orang mengeklik iklan kita akan lebih banyak.
pada intinya topik sesuai dengan minat pengunjung.

Ketika kita salah mengatur Ads balance akan berdapak iklan di situs kita tidak akan tayang atau muncul, Apalagi mengatur hingga dibawah 50%, Berdasarkan informasi dan pengalaman saya pribadi Bahwa kemungkinan terbaik nilai yang diterapkan pada ads balance yaitu 70% sampai 75%, 

Saya sendiri pernah mengatur sampai 100% dengan tujuan hati Agar iklan yang tampil lebih banyak, tapi nyatanya mlah zong,

Nah itulah penyebab yang ketiga, lanjut kepenyebab yang berkutnya kenapa iklan google Adsnese tidak muncul di blog/website.

Terlalu Sering Mengatur Unit Iklan


Google adsense menyediakan pilihan unit iklan dan bentuknya.
kesalan yang sering terjadi oleh seorang bloger pemula yaitu sering menggota-ganti unit iklan. seperti yang saya lakukan dulu.
Alasan menggati unit iklan biasanya karena nilai cpc nya yang rendah.
Melakukan eksperimen sih boleh, Namun jangan terlalu sering ini bisa menyebabkan akun Adsense Anda di banned dari google,
Alagi umur google Adsense belum terlalu lama, maka kemungkinan akun dibanned oleh google akan lebih besar,
dari pada melakukan hal-hal semacam itu lebih baik fokus pada mendatangkan visitor buat Artikel yang lebih bagus lagi.

Mengeklik Iklan Sendiri

Nah ini dia kesalahan yang sangat sering dilakukan oleh bloger pemula kaya saya, kenapa ini bisa dilakukan karena masih jarang mendapatkan klik makanya kita sering melakukan ini.. disini benar-benar saya sarankan jangan sekali-kali kalian lakukan hal ini, Karena saya sudah alami sendiri dengan cara apapun Anda mengeklik iklan sendiri google Akan tahu, Apa lagi juka ini di lakukan berulang kali sudah pasti Dashbord Adsense Anda mendapat pemberitahuan "iklan yang tampila telah dibatasi kaena sumber trefik tidak valid"

oke penyebab yang berikutnya ..
Iklan Adsense


Salah Memasang Kode Iklan

Kesalahan memasang kode unit iklan dapat menyebabkan iklan tidak muncul dihalaman. Sebenarnya kode unit iklan yang diberikan oleh Google Adsense merupakan kode javascript. Perlu diketahui bahwa kode javascript itu lumayan srict dimana ketika kita melakukan kesalahan dalam pemasangan itu tidak akan bisa bekerja.

maka dari itu pastikan Anda melakukan cpy dan paste kode unit iklan dengan benar. 
Ada yang lebih parahnya lagi terkadang seseorang bloger mengikuti tutorial sampai-sampai kode unit iklan yang di ikuti malah di pasang begitu saja.. itu jelas tidak akan tampil. kenapa karena di dalam kode unit iklan yang kita dapatkan dari Akun Googlee Adsesne kita di situ Ada id penayang kita. dan ini penayang itulah yang membedakan unit iklan kita dengan milik orang lain.

Lanjut ke penyebab yang lainnya..

Tertutup Oleh Obyek Lain

Tertutup oleh obyek lain bisa mengakibatkan iklan Adsenses tidak muncul. Bagi yang mengerti CSS bahwa posisi terhadap obyek bisa di atur saling timpa, Ada kemungkinan Kode yang di pasang tertimpa obyek lain. solusinya merubah style pada CSS.

Pada umumnya tertutup obyek lain ketika kita memasang kode unit iklan ditengah artikel atau pada halaman postingan blog.
Lalu bagaimana bagi yang tidak mengerti css sama sekali?
Caranya cukup mudah. Anda bisa memindahkan kode Adsense ke obyek yang lain.

Pembaruan Algoritma Google

Pembaruan algoritma google Adsense sering terjadi terus menerus setiap waktunya. Contoh pembaruan algoritma google adsense yang di lakukan pada july 2019 yaitu Iklan akan tampil ketika konten tersebut memadai..
makanya banyak sekali konten atau artikel-artikel yang tidak ada iklannya.
ini sering kalia menjadi penyebab iklan di blog Anda hanya terlihat blank. Atau hanya ada lokasi iklan saja tanpa tampil iklannya..

Itulah beberapa penyebab iklan Adsesnse tidak muncul diblog atau website. Selanjutnya mari kita sama-sama cari solusinya.

Cara Mengatasi Iklan Adsesnse Tidak Muncul / Blank

Setelah kita mengetahui penyebab iklan tidak muncul diblog, sekarang kita akan bahas bagaimana cara mengatasinya.

Periksa Email

Hal pertama yang perlu kita lakukan yaitu periksa email kita, Biasanya dengan memeriksa email kita akan menemukan pemberitahuan kesalahan yang kita buat. yang yang mengerikan jika kita mendapatkan email bahwa iklan adsense di bnned.. hiii.. semoga jangan sampai ini terjadi...

Apabila mendapatkan email dengan berbagai alasan, maka hal yang harus dilakukan memperbaiki dari alasan tersebut. 

Periksa Dashboard Adsesnse

Solusi Agar iklan tayang kembali yaitu periksa Dashboard Adsense.
Biasanya ketika aa suatu kesalahan pada blog Anda akan mendapatkan peringatan biasanya berwarna merah.
peringatan tersebut biasanya juga terdapat tombol aksi, dimana tombol tersebut digunakan untuk menyelesaikan masalah yang terjadi.

Tetap Posting Artikel

ketika solusi pertama dan kedua belum menyelesaikan masalah, maka solusinya agar iklan adsense muncul kembali tetap terus memposting artikel dan terus melakukan pembaruan supaya iklan akan terus tampil atau muncul.
Biasanya ketika tidak ada peringatan Apapun silahkan tunggu beberapa saat iklan akan tampil kembali.

Salah satu kemungkinan terbesar yaitu ketika tidak ada peringatan tetapi iklan tidak muncul diblog yaitu google Adsense sedang melakukan pembaruan algoritma. Maka tips agar iklan tampil kembali silahkan cari tahu tentang informasi pembaruan algoritma google adsense yang teerbaru.

Janagan Cabut Kode Iklan

solusi selanjutnya yaitu jangan pernah mencopot kode iklan yang aktif diblog,
hal ini  bisa saja mengagap blog tidak aktif atau tidak layak menampilkan iklan adsense.
kesalahan yang terjadi yaitu ketika iklan blank dan kita menghapus kode iklan dari blog. hal ini sebenarnya salah, salahnya dimana.. 
salahnya sebenarnya ketika kita mengatur balance. dan kebetulan artikel tersebut tidak ada yang cocok dengan iklan yang ada maka iklan tidak akan tampil di blog kita. padahal akun adsense tersebut tidak ada masalah jadi penyebab tersebutlah akun adsense tidak mendapat penghassilan.

Dapatkan Pengunjung Dari Google Atau pengunjung Organik

Mendapat pengunjung dari google merupakan nilai yang baik erhadap konten yang kita sajikan. Visitor berasal dari organic search akan lebih baik dari pada dari sosial media apalagi direct.
Dengan adanya hal itu iklan Adsense tetap tayang dengan alasan iklan tampil kepada orang yang benar -benar membutuhkan artikel blog kita, Secara automatis ilan akan sering tampil sesuai pengunjung blog kita.. makanya iklan menyesuaikan isi dari pada artikel kita..
dengan kita membuat blog usahakan topiknya jelas.
Untuk mendapatkan visitor dari google yang perlu kita lakukan adalah optimasi blog kita sebaik mungkin semaksimal mungkin..

Kesimpulan...

Penyebab iklan tidak muncul di blog  atau website terdapat banyak faktor yang menjadi penyebabnya,
untuk cara mengatasinya supaya iklan kembali muncul di blog sebaiknya kita ketahui dulu penyebabnya jangan asal mengira-ngira dan jangan melakukan hal-hal yang bisa mengakibatkan masalah yang fatal.
Intinya jangan pernah melakukan pelanggaran terhadap kebijakan dari google Adsense. jika punya waktu yang banyak silahkan baca satu persatu kebijakan dari google Adsense. supaya kalian paham dan tidak akan melakukan kesalahan.

Fokus mendatangkan visitor kunci utama menjadi bloger yang sukses Dan jangan pernah melakukan kecurangan, karena google sangat canggih suatu saat kecurangan kalian akan ketahuan juga.
jika kita menekuni ngeblog an jadikan sebagai suatu pekerjaan saya yakin semua pasti berhasil.

Demikian sedikit Artikel semoga dapat berguna bagi kita semua... Amin.. salam bloger..

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar sesuai topik. Gunakan bahasa yang baik dan benar.