tv polytron b+ over

 Telah kita ketahui yang namaya tv polytron memang tergolong tv yang banyak di minati di masyarakat indonesia. Sudah terbukti kwulitas yang di berikan oleh polytron memang tidak mengecewakan, Apalagi bila berbicara audio tv polytron sangat memuaskan pengguna, Sepertinya memang dari pihak polytron mengutamakan audio sebagai daya tarik tersendiri. Meski demikian yang namanya peralatan elektronik memiliki kelemahan masing-masing, tidak menutup kemungkinan tv polytron juga memiliki kelemahan yang tergolong utama. Mengapa demikian? Sering kita temui masalah pada tv polytron terjadi di satu blok, yaitu blok regulator atau power supply. Jadi tegangan Tv polytron B+ Over atau melonjak naik.

Dari hasil survai tv polytron mengalami kerusakan pada regolator mencampai 80 %. Ibarat 8 bading 2. Berbagai macam kerusakan regulator tv polytron bermacam-macam, diantaranya naiknya tegangan tv polytron. 

Berikut ini Penyebab cara memperbaiki tv polytron dengan kerusakan tegangan naik atau over.

1. Solderan Retak

Tegangan regulator pada televisi naik atau over bukan hanya di sebabkan rusaknya sebuah komponen, akan tetapi retaknya atau kendur solderan pada mesin tv juga dapat menyebabkan tegangan over atau naik terlalu tingi.
kerusakan ini tidak hanya terjadi pada tv polytron saja namun pda televisi-televisi merek lainpun sering di temui denagn kerusakan tegangan over.

Maka dari itu jika menemui keluhan pada televisi polytron tegangan B+ over, sebaiknya teliti dulu pada bagian solderan atau kaki komponen apakar terhubung dengan baik atau tidak.
Teliti seteliti mungkin.

Cara mengatasi massalah seperti ini cukup bersikan dulu pcb mesin televisi bagian bawah dan atas dengan menggunakan tiner. Kemudian lakukan penyoderan ulang di bagian regulator atau menyeluruh.
Jangan menganggap solederan masih bagus jika hanya dilihat saja, karena solderan kendur tidak semuanya bisa terlihat.

Setelah di lakukan solder ulang, sebelum mencobanya teliti terlebih dahulu apakah solderan tidak ada yang menghubungkan di antara kaki kompeonen dengan yang lain atau konslet.
terutama pada kaki=kaki IC karena jarak antar kaki terlalu dekat.

Apabila sudah di pastikan aman barulah kalian coba dan sambil di pasang multi tester supaya tahu apakah tegangan masih over atau tidak.
sebaiknya jika mau menjoba transisitor horisontal jangan dulu dipasang, untuk menghindari matinya transistor horisontal.

2. FeedBack Regulator Tv Polytron

Setelah televisi di solder ulang namun tegangan tv polytron B+ over, maka bagian feedback juga perlu kalian curigai. Melihat dari fungsinya maka tidak menutup kemungkinan bagian feedback juga dapat mnjadi penyebab naiknya tegangan tv polytron bahkan samapai regulator tv polytron berderik

Komponen bagian feedback yang sering menjadi penyebab naiknya tegangan B+ tv polytron naik adalah sebuah resistor R506 dengan nilai 100k.

Jika pada tv polytron slim yang menjadi penyebab tegangan over pada bagian feedback adalah resistor R503 100k, R542 100k, R543 18k R544 100k Terangkai seri.

Cara mengatasi tegangan tv polytron naik karena disebabkan rusaknya komponen bagian feedback, maka lepas resisitor tersebut dan gantilah dengan yang baru.. Murah ikih..

Jika sudah dilakukan pergantian akan tetapi tegangan masih tetap over maka lakukan pengecekan di komponen lain.

komponen lain yang bisa menjadi penyebab overnya tegangan regulator adalah optocoupler.

3. Optocoupler  Regulator

Komponen selanjutnya yang wajib di cek Optocoupler, komponen ini juga berfungsi untuk mengatur tegangan ke regulator supaya setabil di bantu komponen lain.

Pada bagian optocuopler terdapat dua komponen yang di jadikan satu namun tidak terhubung.
optocoupler regulator


Konponen yang pertama yaitu led infrared yang berfungsi sebagi transmiter sinya yang di gunakan untuk mengatur pada komponen kedua.
Komponen kedua phototransistor yang berfungsi menerima sinya dari komponen pertama.

Cara kerja optocoupler dalam menstabilkan tegangan regulator adalah jika tegangan pada bagian output regulator maka optocoupler akan mengirim sinyal ke bagian regulatur untuk menurunkan tegangan. Maka jika komponin ini tidak bisa bekerja dengan semestinya dapat mengakibatkan tegangan tv polytron over.


4. Elko 

komponen lain yang dapat menyebabkan naiknya tegangan regulator adalah elko.
elko kecil yang berada pada bagian regulator dapat menyebabkan tegangan over walaupun hanya sesaat saja namun dapat menyebabkan kerusakan lain pada televisi polytron.

Cara mengatasinya ganti komponen tersebut dengan yang baru.

kesimpulan:

Dalam mengatasi tegangan regulator tv polytron over harus berhati-hati supaya tidak menyebabkan kerusakan di bagian yang lain. karena overnya tegangan sebuah televisi dapat merusak komponen yang lain seperti transisitor horisontal, IC vertikal, Plyback, Bahkan IC chroma juga dapat rusak karena tegangan regulator over.

Posting Komentar untuk " tv polytron b+ over"