Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Masalah Warna Pada TV Tabung Yang Sering Terjadi Dan Cara Mengatasinya

     Sebelum kita membahas bagaimana cara mengatasi masalah warna pada tv tabung yang tidak normal. namun sebelumnya alangkah baiknya kita mengetahui dan memahami komponen pada blok metrik RGB. dan cara kerja pada CRT itu sendiri serta memahami warna apa saja yang ada pada TV tabung tersebut. Ada banyak kerusakan yang sering terjadi pada masalah warna pada televisi tabung, maka dari itu pada atikel kali ini saya akan menjelaskan beberapa masalah dan lengkap dengan cara mengatasinya. Supaya kita bisa memahami bagian RGB pada televisi tabung baca artikel ini sampai selesai.

warna televisi.


Daftar Isi:
  1. Memahami Warna Dasar Televisi Tabung
  2. Memahami Blok RGB TV Tabung Dan Komponennya.
  3. Beberapa Kerusakan Warna TV Dan Cara Mengatasinya
  4. Penyebab Warna televisi Tidak Normal
  5. Kesimpulan

Memahami Warna Dasar Televisi Tabung

Sebelum kita memperbaiki masalah warna pada televisi kita harus mengetahui terlebih dahulu komponen yang membuat warna tersebut dan juga warna apa saja yang ada di dalam sebuah tabung atau CRT.
jika kalian belum tahu dasar dari warna sebuah televisi tabung di sini saya akan menjelaskan sedikit tentang warna-warna yang ada di sebuah tabung televisi.
warna yang di tampilkan pada sebuah televisi bermacam-macam. Tahukah kalin sebenarnya warna dasar televisi cuma ada tiga warna seperti yang tertera di televisi dengan sebutan RGB.
Apa itu RGB? RGB adalah sebuah singkatan dari bahasa inggris Yaitu Red, Green, Blue, Yang artinya Merah, Hijau, dan Biru. Itulah warna dasar televisi tabung. sedangkan warna-warna lainnya adalah sebuah kombinasi atau hasil pencapuran dari ketiga warna tersebut.
Jika kalian sudah tahu tentang warna dasar televisi tabung maka akan sangat udah untuk mengetahui kerusakan warna pada sebuah televisi tabung.
Hanya dengan melihat tampilan gambar yang dihasilkan televisi kita sudah bisa mengambil keputusan bahwa kerusakan ada pada bagian yang mana.
Untuk mengatur tingkat ketebalan warna di atur oleh transistor RGB dengan tipe C2426 dan di kendalikan oleh IC Crhoma.

Memahami Blok RGB TV Tabung Dan Komponennya.

Oke setelah kita tahu tentang warna dan sudah bisa mengidetifikasi letak kerusakan dari sebuah televisi tabung dengan keluhan cacat pada warnanya.
Kita juga harus tahu bagian blok RGB itu sendiri supaya kita tidak salah dalam penanganannya nantinya.
Pada saat sekarang ataupun televisi model lama bagian blok RGB masih tetap sama tidak ada perubahan untuk letaknya.
Benar blok tersebut adalah sebuah PCB yang terletak di ujung tabung belakang, yang biasa di sebut PCB metrik RGB.
yang membedakan hanyalah sedikit komponen yang digunakan meskipun sebenarnya fungsinya sama.
Ada banyak komponen pada PCB tersebut, 90% berfungsi untuk mengatur Warna pada teleeevisi.
Pada komponen transistor yang mengatur warna tersebut menggunakan atau memrlukan asupan tegangan tinggi yaitu 180volt. yang berasal dari Playback. Dan untuk mesin china saat ini mengambil dari trafo switching regulator.
juka kita sudah memahami blok RGB akan sangat memudahkan kita untuk mencari titik kerusakan televisi yang sedang kita kerjakan.
Selain di blok tersebut kita juga harus mengontrol pada bagian IC Crhoma yang terhubung dengan blok Tersebut. dan pada IC ini juga bisa menyebabkan televisi rusak pada gambar menyempit atas bawah,

Beberapa Kerusakan Warna TV Dan Cara Mengatasinya

Bebeerapa kerusakan masah warna pada sebuah televisi yang sering terjadi adalah hilangnya salah satu warnanya. bisa hijau merh ataupun birunya.
untuk cara mengidentifikasinya bisa kita lihat secara langsung pada tampilan gambar yang dihasilkan pada televisi tersebut.
Sbagai contoh jika televisi berwarrna kekuningan itu berarti warna birunya yang tidak bekerja. dan jika warna sebuah televisi ungu yang berarti warna hijau yang tidak bekerja.
jika warna televisi terlihat agak gelap warna merah tidak ada berarti yang tidak bekerja warna merahnya.. 
Terkadang ada juga yang tidak bekerja kedua warna..
begini langkah cara memperbaiki jika warna televisi ada yang hilang.
Masalah yang paling sering jika sebuah televisi warnanya tidak normal adalah kendornya solderan pada bagian metrik RGB. Terutama pada bagian transistor RGB kaena jika televisi lagi nyala atau beroprasi pada komponen tersebut akan panas sekali.
Solusinya dalah solder ulang bagian metrik RGB tersebut. jika masalah belum terselesaikan lakukan pengukuran tegangan pada bagian RGB, Cek tegangan pada kolektor transistor RGB.
Jika salah satu tidak ada tegangan atau tegangannya berlebih ada kemungkinan transistor ada yang mati. Jika kerusakan hilangnya warna biasanya kerusakan mati transistor karena blong atau tidak nyammbung, Namun jika kerusakan warna dengan over salah satu warna dan tidak sinkron biasa kerusakan shortnya transistor RGB. 
Nammun jika sudah dilakukan pengecekan dan perbaikan di area Metrik RGB dan belum ada hasil. kalian bisa melakukan pengecekan pada IC Crhoma.
Ada juga penyebab lain yang dapat mempengaruih masalah warna pada sebuah televisi.

Penyebab Warna televisi Tidak Normal

Penyebab lain yang memnyebabkan sebuah televisi cacat pada warna adalah sebuah CRT yang sudah tua, Dan masalah ini tidak bisa di berbaiki. ada satu cara kita bisa melakukan suntik CRT atau jus tabung namun ccara ini tidak bertahan lama atau hanya sementara.
Maka dari itu saya tidak menyarankan. akan tetapi tidak ada salahnya kita tau cara ini agar dapat memberri penjelasan pada si pemilik. bahwa memang tabung nya yang sudah tidak bisa bekerja dengan baik.
Kita bisa memberi contoh pada pemiliknya ini tabungnya yang sudah rusak.. dan tidak bisa diperbaiki nnamun kita bisa menyuntiknya tapi ini sudah tidak bisa bertahan lama. 
masalah lain yang bisa membuat sebuah televisi tidak normal pada warna yyaitu pada IC Crhoma. Solusiny kita harus menggatinya dengan yang baru.
Jadi pada dasarnya untuk mengatasih masalah warna pada televisi yang tidak normal ada bebrapa penyebab di antara sudah terurai di atas..

Tinggal kita mengeceknya satu persatu jangan menganggap semudah yang sudah pernah biar kita tidak salah memfonis kerusakan ini. Jika kita salah memfonis bisa jadi kita akan kehilangan kepercayaan yang di berikan user sama kita.

Saran dari saya jika mendapatkan kerusakan apa saja pada salah satu televisi jangan langsung memfonis kerusakan jika kita belum membuka televisnya.

Sebaiknya kita memberikan beberapa kemungkinan supaya kita tidak salah dalam menyampaikan kerusakannya pada si pemilik.

Kesimpulan

Jadi kesimpulan cara memperbaiki televisi cacat pada warna sangat mudah jika kita sudah mengetahui blok dan warna dasar ttelevisi.. jadi bisa mempercepat pekerjaan kita dalam memperbaiki sebuah televisi cacat pada warna.
Semua cacat pada warna cara memperbaiki sama saja. tinggal kita mengidentifikasi dibagian warna yang mana yang bermasalah.

Jika arttikel ini bermanfaatt silakan share keteman kalian terima kasih sudah berkunjung.. jangan lupa tinggalkan komentar kalian jika ada pertanyaan tentang cara memperbaiki televisi masalah pada warna, Atau cacat pada salah satu warnanya.

Terima kasih sampai jumpa pada tutorial berikutnya yang lebih menarik lagi..

Posting Komentar untuk "Masalah Warna Pada TV Tabung Yang Sering Terjadi Dan Cara Mengatasinya"