Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Senter Kepala Nyala Redup

 Cara memperbaiki senter kepala yang redup, Senter kepala segala merek yang menggunakan lapu LED dan menggunakan baterai 4,5volt yang sama dengan baterai pada power bank, Senter jenis ini walaupun tergolong bagus, adakalanya senter eror.
Eror paaada senter kepala sangat beragam dan sering terjadi juga. mengapa demikian? karena senter jenis ini tergolong awet maka dari itu senter jenis ini sering mengalami kerusakan-kecil.
Berikut ini jenis-jenis kerusakan yang terjadi pada senter kepala yang sering terjadi dan cara memperbaikinya..
salah satu kerusakan yang sering ditemukan adalah senter nyala redup walaupun awetnya masih tetam sama atau nyalanya masih tahan lama.

Kerusakan Senter kepla yang sering di temui serta caara memperbaikinya.



1.Seenter Redup

Senter redup ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi nyala senter jadi redup.
Yang pertama baterai. cara memperbaiki cek baterai jika tegangan tidak ada 4,5volt dari baterai kalian bisa cek baterainya jangan dulu diganti, senter kepala biasanya menggunakan 2 buah baterai yang di jadikan satu. coba kaian kelupas solasi pembungkus baterai terlebih dahulu, kemudian kalian cek tegangan dari baterainya langsung tanpa melewati rangkaiiinya. jika tegangan pada baterainya 4,5 volt berarti baterainya masih bisa digunakan, lalu solusinya bagaimana kalian bisa mencopot rangkaian yang ada di baterai tadi atau kalian juga bisa cek dulu kabelnya jika pada rang kaian tersebut outputnya juga masih 4,5 volt. maka kalian bisa mengganti kabelnya saja. namun jika pada outputnya tidak ada 4,5 volt kalian bisa mencopot rangkaiiian tadi, jadi tidak perlu menggunakan raingkaian. dan pasang kembali seperti semula. perhatikan jangan ada yang kebalik kabelnya.

Dan yang kedua penyebab senter redup bisa juga terjadi karena LEDnya sudah gosong karena faktor usai solusinya ganti yang baru.

Yang ketiga penyebabnya bisa karena resistor yang terhubung ke lampu LEDnya yang berada di PCB LEDnya yang fungsinya untuk menurunkan tegangan yang mensuply LED, nilai resistor tersebut bisa juga nilainya molor atau membesar sehingga tegangan yang masuk ke LED jadi lebih kecil sehingga menyebabkan nyala senter jadi redup. solusi ganti deengan yang baru. terdapat ada 1 buah resistor jika senter kepala menggunakan dua kabel yang ke LED nya. namun berbeda jika senter tersebut menggunakan 3 kabel, Yakni resistornya menggunakan dua buah.
Nilai resistor terrrtulis pada resistornya karena biasanya menggunakan resistor jenis SMD. 

2. Senter tidak awet.

Senter tidak awet sudah pasti penyebabnya adalah baterainya sudah lemah atau suak solusi ganti yang baru.

3. Senter susah nyalanya atau kadang terang kadang redup.

masalah ini penyebabnya adalah saklarnya sudah mualai rusak atau kotor.
solusi ganti yang baru.
Jika kaian ingin mencoba membperbaikinya terlebih dahulu sbelu mengganti yang baru , Bisa saja.

Cukup kalian bersihkan saklar nya sudah bisa kembali normal meskipun terkadang tidak tahan lama tapi masih lumayan bisa nyapai setahun, menurut pengalaman saya.

cara memberihkannya pun cukup mudah kalian tinggal buka senternya dan saklarnya lalu kalian tetesi minyak kayu putih atau bisa juga menggunakan tiner tapi yang paling bagus minyak kayu putih. karena tinggal minta aja pasti setiap rumah ada.

setelah kalian tetesi minyak kayu putih kemudian kalian tekan-tekan layaknya menyalakan senter damun dengan cara cepat dan berulang ulang sampai senter nyalanya noral, cara ini sudah sering saya praktekan, bukan hanya pada senter namun ada beberapa peralatan elektronik lainnya.

4.Senter Tidak Bisa Dicas

Jika senter kalian tidaak bisa dicas, ada beberapa kemungkinan dan juga wajib kalian cek. yang pertama cek charger apakah masih berfungsi atau tidak.
yang kedua cek kabel charger.
dan yang ketiga cek colokan yang ada pada senternya.
dan yang ke empat baterai yang sudah soak juga tidak masuk bahkan pada indikator charger juga tidak terdeteksi..

Demikian artikel singkat kali ini semoga dapat membantu. dan jika ada yang ingin di tanyakan silahkan kalian tanyakan pada kolom komentar dibawah..

Terimakasih
Caraservis
Caraservis Hi Blogger friends, allow me to introduce who I am. My name is Lisus Tok, which many people know in cyberspace, while my real name is Sumarno. I am the firstborn child of three siblings. I was born in Cilcap, March 15, 1982. I currently live in Jetis, Nusawungu Cilacap, Central Java. Talking about hobbies, I like electronics. Since junior high school, I have mastered a lot of electronic equipment. Until now, I still often repair electronic equipment. And in this blog I will try to share my experiences as an electronics technician. I think that's all I can say about this introduction. Thank you very much for your attention.

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Senter Kepala Nyala Redup"