Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

trafo switching tv polytron berderik

 Kerusakan tv Polytron dengan ciri-ciri trafo switching berderik sering baget kita temui bukan hanya pada tv polytron saja.

caraservis

Mendapat sebuah servisan tv polytron dengan kerusakan awal mati total. awalnya  televivi ini mati total setelah saya buka dan di temukan yang membuat atau yang bermasalah adalah pada fet nya shot fet pada power suply dan juga sekringnya putus.

sekring dan fet sudah di ganti oh iya fetnya dengan tipe 7n65c. tinggal mau mencobanya. tapi saya masih ragu takut ada penyebab lain yang membuat fet ini mati.

Terkadang setelah pergantian fet bisa langsung nyala jika kerusakan memang hanya di sebabkan faktor fet nya saja. Untuk kali ini , Tidak sampai situ saja karena setelah pergantian fet tersebut, televisi mati protek.

Ternyata penyebab protek pada IC vertikal. tgangan yang masuk ke IC vertikal terukur ov yang seharusnya +12v -12v. Jadi bisa di pastikan IC vetikalnya juga perlu di ganti.

Kemudian saya ganti ic vertikal dengan yang baru, tipe ic nya 78141 .
setelah ic vertikal terpasang dan saya coba nyalakan tvnya. tv bisa hidup terlihat normal namun pada area regulator terdengar berderik lirih. dan saya langsung cabut strekernya takut membuat kerusakan baru. benar saja setelah saya pegang fet nya sudah panas sekali.

Ini menadakan ada kerusakan lain selain pada fetnya tadi. Mungkin ini penyebabnya adalah kerusaakan pada bagian sekunder ada yang short sehingga menyebabkan short pada area primer regulator. Namun setelah cek sana sini bahkan sampai pada transistor horisontal tidak ada yang short.
Bisa jadi kerusakan pada trafi switching regulator tapi jarang terjadi.
udah mulai berfikir untuk ganti mesin china..

uji penggantian komponen yang terakhir ini juga tidak yakin.. yaitu saya ganti optocopler dan ternyata tidak saya duga tv nyala sempurna tak ada lagi bunyi aneh atau derik yang tadinya masih ada.
dan saya matikan lagi cek fet nya dengan tangan dan ternyata sudah normal tidak panas lagi.

Kata kuncinya disini adalah FET mudah panas, kemudian tidak berfikir sumber dari sekunder power suply. padahal memang kerja fet pada power suply akan mendapatkan umpn dari sekunder melalui optocopler, mungkin selain optocopler kita juga bisa menganalisa pada jalur tersebut sebagai acuan ketika menemui kerusakan serupa jika sudah mengganti optocopler namun masih ada bunyi berderik.



Posting Komentar untuk " trafo switching tv polytron berderik"