Televisi Tabung Gambar menyempit atas bawah

Cara mudah memperbaiki tv gambar menyempit atas bawah


Cara mengtasi televisi layar menyempit atas bawah atau ysering disebut cacat vrtikal sebenarnya jika kita sudah tahu begian bagian dari blok mesin, masalah semacam ini akan mudah di atasi.
pada artikel kali ini saya akan berbagi bagaimana cara memperbaiki tv tabung dengan kerusakan layar tidak penuh atas bawah.

kerusakan vertikal televisi biasanya dengan ciri-ciri suara normal gambarpun biasa atau tetap jernih. keusakan semacam ini biasanya hanya terdapat kerusakan pada blok vertikal.
Berikut langkah-langkah cara mengatasi televisi rusak bagian vertikal.


Daftar Isi:
  1. 1. Pengamatan Komponen
  2. 2. Cek Tegangan
  3. 3.Penggatian Komponen
  4. 4.Kerusakan Umum dan Solusi TV Gambar Menyempit Atas Bawah
Baik mari kita bahas bagai mana langkah-langkah yang benar dalam memperbaiki televisi rusak baagian vertikal.

1. Pengamatan Komponen

langkang yang pertama yang wajib kita lakukan deengan melakukan pengaamatan pada komponen.
ini adalah langkah yang wajib dilakukan sebelum memutuskan kerusakan apa yang perlu di ganti dan apa yang perlu dicek.
Amatilah semua komponen pada matherbord televisi tersebut. apakah ada kelainan pada beberapa komponen atau tidak. terutama pada blok vertikal. antaara lain pada komponen elko atau resistor di sekitar IC vertikal. Karrrena sering kaali pada area vertikal, elkonya pada meelembung.
Karena pada area tersebut tergolong lumayan panas jika televisi lagi di oprasikan.
Maka dari itu amatilah dengan teliti, dan juga jaangan hanyaa di area tersebut juga pada bagian regulator juga perlu di amati.
jika kita sudah mengamati dan ternyata tidak ada kelainan fisik kita bisa lanjut ke langkah berikutnya.

2. Cek Tegangan

Langkah ini sudah pasti kita harus lakukan, Entah kita menemukan kelaainan fisik atau tidak kita wajib melakukan pengecekan tegang yang ada pada mesin tv yang hendak kita perbaiki.
Jadi langkah ini bukan hanya bertujuan untuk mencari titik kerusakan pada apa yang sedang kita reparaasi, Namun langkah ini juga bbertujuan untuk mencarri penyebab dari kerusakan tersebut . jadi kita bukan hanya memberbaiki yang rusak saja tapi kita juga harus bisa mengetahui fator apa yang menyebabkan televisi tersebut rusak.
sebagi contoh kita mendapati kerusakan televisi dengan rusak IC vertikal pecah, Misalnya. Nah penyebab dari pecahnya IC vertikal ini apa. Apa karena faktor usia atau karen ada tegangan yang naik. Karena jika ada tegangan yang naik, meskipun kita sudah menggati komponen yang pecah tadi, Akan tapi kita tidak memeriksa tegang alians main ganti saja. ini bisa mengakibatkan hal yang fatal bisa bisa komponen yang kita ganti rusak lagi. disitulah pengtingnya melakukan cek selurung tegangan, intinnya kita diwajibkan tahu blok atau bagian yang rusak.
jadi jika kita sudah tahu bloknya itu akan menjadi mudah dalam mengerjakannya. dan juga kia wajib tahu berapa tegangan normal  pada televisi yang sedang kita krjakan ini.

3.Penggatian Komponen

Oke jika kalian sudah menemukan komponen yang rusak dan juga penyebabnya kini saatnya kalian boleh mencari komponen ttersebut dan mengganttinya denggan yang baru atau yang masih dapat berfungsi dengan baik meskipun itu bukan yang baru. yang terpenting komponen tersebut masih bisa digunakan.
penggatian komponen tidak harus sama jika kita tidak bisa menemukan yang sama persis. kita bisa menggatinya dengan persamaan dari komponen tersebut.
Mengapa demikian? Karena saat ini komponen elektronik sudah banyak yang menggunakan tip SMD jadi komponen biasa sudah mulai langka.
maka dari itu kita juga harus bisa mencari komponen penggantinya. kita bisa mencarinya di browser atau juga kalian bisa cari artikel terkait persamaan-persamaan komponen elektronik pada blog ini.

Jika semua sudah kita lakukan begini cara pengerjaannya.

4.Kerusakan Umum dan Solusi TV Gambar Menyempit Atas Bawah

Begini cara memperbaiki tv masalah pada vertikal atau televisa menyempit atas bawah.
Rusak pada Elkonya biasanya elko pada sekitar IC vvertikal kembung dan uga kadang kering  solusi ganti elko di sekitar IC vertikal.
Rusak pada IC Ganti IC dngan yang baru, Jangan lupa cek tegangan takutnya ada tegangan yang melonjak cek juga pada output regulator. dan juga cek FBT.

Demikian artikel kali ini emoga dapat membantu, poin utama jika kita terjun pada bidang reparasi langdasan utama yaitu ketlatenan. ilmu kita bisa belajar dari pengalaman.. yang terpenting kita suda tahu bagian dan jenis jenis komponen.

Jika ada yang perlu ditanyakan silakan kalian tulis pada kolom komentar.

Terima Kasih.

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar sesuai topik. Gunakan bahasa yang baik dan benar.