Televisi Polytron Mati Total, Penyebab Regulator Unormal

 
regulator TV polytron
TV polytron rusak Matitotal caraservis.my.id

Cara memperbaiki TV Polytron Mati Total

Televisi Polytron Tadinya biasa normal-normal saja ketika di nyalakan tau-tau tidak mau nyala, Padahal baru saja di matikan dan tidak ada keanehan. Namun setelah beberapa jam dinyalakan udah tidak mau nyala. Begitu cerita dari yang punya Televisi.

Begini Langkah-langkah cara memperbaiki Televisi Polytron yang mati Total. Pertama yang harus kita lakukan adalah cari tau gejala sebelum Televisi itu mati Atau terahkir kali Televisi tersebut nyala.

Jika kita sudah mengetahui gejalanya akan lebih mudah untuk mencari kerusakannya. Seperti kasus kali ini Televisi tadinya dalam keadaan baik dan tahu-tahu dinyalakan sudah tidak mau start. Ada kemungkinan kerusakan pada regulatornya.


Definisi Tv Mati total adalah antara Lampu indikator menyala dan lampu indikator mati. Terkadang led indikator menyala tidak mau start juga ada yang menyebutnya mati total, Ada pula yang menyebutnya standby. 

Sebenarnya banyak kemungkinan kerusakan yang terjadi jika tv mati total. bisa regulator yang bermasalah, bisa juga TR Horisontal yang konslet Atau mati, dan bisa juga flyback yang rusak. tidak menutup kemungkinan tegangan yang tidak masuk. Sebaiknya kita cari dulu permasalah yang pertama yaitu kerusakan kerusakan ada di bagian mana? jika sudah ditemukan kerusakan ada pada bagian regulator. Begini ara memperbaikinya.

Kerusakan TV Polytron Bagian Primer

Regulator atau power supaly Televisi Polytron Sebenarnya Hampir sama Yaitu menggunakan Fet 7n65c. Jika fet ini tidak bekerja sehingga menyebabkan Televisi mati total lampu indikatorpun tidak menyala. Sedang penyebabnya fet tidak bekerja Ada beberapa komponen byang terhubung tidak bekerja atau bahkan fet tersebut yang rusak.

Jika Arus Listrik sudah masuk ke bagian regulator namun tidak ada reaksi yang diberikan.. maka kalian cek pakah arus listrik sampai ke elko 400v. JIka arus listrik sudah masuk ke elko 400v kemudian kalian cabut atau putuskan Arus listrik lalu cek lagi pada bagian elko 400v tadi dengan hati-hati karena teganya yang ada di elko tersebut dapat mengagetkan jika tersentuh.

Elko 400v Masih memuat tegangan ini berarti fet tidak bekerja . coba cek dulu komponen yang terhubung ke fet ini. jangan buru-buru ganti fet. bisa kemungkinan kerusakan ada pada resistar start pada kaki salah satu fet yang menghubung ke b+.

Demikian artikel singkat semoga bermanfaat.

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar sesuai topik. Gunakan bahasa yang baik dan benar.