Cara Pasang Mesin TV Baru

cara servis tv


Cara pasang mesin TV W-com. Cara mudah pasang mesin tv cina baru, jika kalian hendak memasang mesin tv baru di karenakan mesin tv yang originalnya sudah tidak layak lagi intuk di gunakan. 
Ada beberapa penyebab sampai kita harus mengganti mesin baru pada sebuah televisi, biasanya televisi yang sudah lama atau televisi jadul. Banyaknya kerusakan pada sebuah mesin tv yang membuat kita harus melakukan pergantian mesin tv secar keseluruhan. Tak jarang pula penyebabnya adalah kelangkaan sperpat yang di butuhkan sehingga kita gagal untuk memperbaiki sebuah mesin tv.
 
    Beberapa hal yang perlu di pertimnangkan jika kita hendak memasang atau menggatinya dengan mesin tv baru. Jika sebuah televisi crt atau tabung memiliki tabung yang masih bagus kita bisa menggantinya dengan meain yang baru, Jadi hendaklah kita pastikan dulu apakah tabung atau crt oada televisi yang mau diganti mesin masih bagus atau layak digunakan atau tidak. Supaya kita tidak sia-sia dalam membeli mesin tv. 

berikut ini cara pasang sendiri mesin televisi baru

cara pasang mesin tv merek cina sangatlah mudah, beberapa peralatan seperti obeng, solder, sediakan juga lem bakar.
sebelum memasangnya sebaiknya kita tes terlebih dahulu dalam keadaan masih utuh mesin dan saklar on-off dan tombol menu volume dan sebagainya jangan buru buru merubahnya dulu. jika sudah di tes baru kita bisa menyesuaikan dengan bodi atau kedudukan asli dari televisi yang hendak diganti mesinnya.

Area horisontal

langkah pertama lepaskan mesin lama dan tinggalkan dev yoke atau defleksi tv lama tersebut.
kemudian pasang kabel devleksi tv baru yang sudah tersedia. perhatikan dalam pemasangan ini tidak boleh terbalik. 
ada empat kabel yang tersedia dalam mesin tv baru dan memiliki warna yang berbeda. sebaiknya mengikuti kabel devleksi tv lama untuk memudahkan kita dalam pemasangannya biar tidak ada yang kebalik.
Ada empat kabel devleksi yakni merah, biru, Hitam dan putih.

    Kabel warna merah biasanya paling besar dan terhubung ke kolektor kaki transistor horisontal. sedang pasangannya kabel warna biru. kedua kabel tersebut terhubung ke defleksi yang berfungsi untuk horisontal.
Pada saat pemasangan defyoke memang mudah namun tidak sedikit dalam pemasangan mesit tv harus menyesuaikan dev yoke, mengapa demikian karena ukuran resistansi dari pada dev-yoke yang ada dengan mesin tv baru belum tentu sama.. masalah yng seing terjadi  adalah gambar tv terlalu lebar atau kurang lebar , meski hanya sedikit akan tetapi kelihatan tidak profesional cara kerja kita.

maka dari itu kita harus menyesuaikannya supaya terlihat seperti aslinya. pada mesin tv cina baru biasanya terdapan pin untuk menyesuaikan dev-yoke, di situ ada 5 pin yang mana untuk yang tengah setandar dua ke bawah untuk mengurangi lebar gambar sedangkan dua ke atas untuk menambah lebar gambar. 

Akan tetapi jika kita sudah melakukan percobaan di semua pin ternyata belum mendapatkan hasil yang sempurna kita bisa melakukan cara lain jika gambar kurang lebar kita bisa menambahkan trafo khusus untuk dev-yoke atau juga kita bisa mengganti kapasitor tegangan tingginya dengan menambah nilai kapasitasnya tanpa merubah nilai voltasenya.

area vertikal

sedangkan kabel warna putih dan hitam untuk vertikal.
jika defleksi sudah terpasang kemudian pasang kabel katoda dan pasang semua kabel tombol depan dan infra red resivernya. dan nyalakan sambil di perhatikan jika ada kejanggalan segera cabut strekernya takut terjadi halhal yang tidak di inginkan.

Jika televisi sudah bisa menyala dengan normal dan gambar kurang ledar atas bawah itu sudah biasa kita mengaturnya dengan menggunakan remot, dengan cara masuk ke service mode dan cari menu setelan size. kita bisa mengaturnya disitu.

setelah semua normal kita sudah bisa memasangnya pada boxs televisi lama. dan jangan lupa untuk menyesuaikan to,mbol-tombolnya. karena biasanya untuk posisi tombolnya tidak sama. jika kebetulan sama itu bisa memudahkan kita dalam menyesusaikan tombolnya. kita bisa menggunakan lem bakar yang sudah tersedia.

Tempatkan IR pada posisi yang tempat pada Tempat IR lama posisikan yang benar-benar pas supaya remotnya peka.



Selesai sudah pemasangan mesin TV. Semoga Artikel singkat ini bisa bermanfaat.
Terima kasih.

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar sesuai topik. Gunakan bahasa yang baik dan benar.