Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

cara pasang gacun pada televisi

 Cara pasang gacun pada televisi yang regulatornya rusak dan tidak bisa di carikan kimponen penggatinya. Solusi satu-satunya jika kita tidak bisa mencari sperpart suatu komponen mesin televisi pada bagian regulator, saat ini kita dimudahkan dengan adanya modul regulator seperti gacun.

Cara pasang gacun yang benar

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit pengalaman kepada kamu semua teknisi pemula, jika Kamu menemui kerusakan televisi, kerusakan pada bagian regulator atau travo switcing dan kamu tidak bisa menemukan komponen penganti atau sperpartnya jangan khawatir sekarang sudah ada modul regulator atau power suply yaitu gacun.

Gacun ini sangatlah berguna dan memudahkan kita dalam pekerjaan kita selaku teknisi elektronik, kegunaan gacun sebagai modul regulator tidak hanya untuk regulator televisi saja. banyak kompone atau peralatan elektronik yang bisa diganti dengan gacun jika kita tidak mau ribet mencari kerusakan yang sangat rumit.. beberapa peralatan elektronik yang bisa di pasang gacun diantaranya adalah tape, dvd, mini kompo, speaker aktif, dan lain sebagainya yang penting peralatan tersebut menggunakan trafo switcing.

Cara Pasang Gacun Pada Tv

Kali ini saya akan mencoba menjelaskan cara pemasangan gacun pada televisi karena kebetulan saya baru saja medapat sebuah servisan televisi sharp 14 in denagn kerusakan mati total, setelah saya memebuka televisinya ternyata regulatornya mati alias tidak bekerja. penyebab regulator mati ada beberapa faktor. 
Faktor pertama naiknya tegangan pada listrik PLN dan yang kedua matinya transistor horisontal.
Sedangkan Televisis yang sedang saya bahas ini kerusakan regulator akibat naiknya tegangan dari PLN.
Karena setelah saya ccek semua komponen yang rusak atau yang mati ada pada bagian atau blok regulator. seperti transistor regulator mati dan IC driver regulatorpun mati. sedangkan transistor horisontal masih hidup. Karena saya mencari ICnya agak susah saya putuskan akan menggatinya dengan gacun saja.

Begini cara pemasangan gacun yang benar, Perhatikan gambar di bawah ini supaya Kamu tidak keliru dan selalu berhati-hati karena kesalahan sedikit saja bisa berakibat fatal, Karena pada are ini tengan masih besar yaitu 220.
Cara pasang gacun yang benar

Sebelum kamu memasang gacun sebaiknya kamu lepaskan dulu transistor regolator yang asli karena transisitror tersebut juga tidak di gunakan, Dan juga putus jalur dari travo switcing yang menuju ke areo atau blok regulator.
Jika gacun yang Kamu beli menggunaka 3 kabel yaitu merah hitam dan biru. Lupakan saja kabel biru gk usah di pasang tidak apa-apa. Lepas saja kabel warna biru. Kemudian kabel warna merah sambung di pin bekas colektor transisitor regulator yang menuju ke travo switcing dan kabel warna hitam ke ground atau masa.

hanya itu yang perlu di perhatikan, Sebelum kamu menghidupkan perangkat yang kamu pasang gacun sebaiknya trim terlebih dahulu gacunnya ke arah paling kecil, Supaya tegangan yang dihasilkan kecil dulu, takutnya jika tidak di trim ke arah yang paling kecil jika dinyalakan takut tegangan nya over..

Jika sudah di trim kemudin letakan ujung tester pada posisi tegangan output dari regulator yang menuju flyback. karena tegangan tersebut yang paling besar. setah kabel tester sudah di pada posisinya kemudian nyalakan perangkat jika nanti terukur 110 volt berarti sudah mendekati pass atau bahkan sudah cukup segitu. Tegangan B+ pada televisi umumnya 100 volt samapai 125 volt,

Setelah perangkat menyala perhatikan ada cacat atau tidak misalnya gambar vertikal atau horisontalnya. Soalya besar kecilnya tegangan B+ pada televisi itu tidak sama. walauoun rata-rata menggunakan tegangan 110 volt pada B+ dan 16 Volt Pada IC poweer audio.

Sekian dulu Artikel kali ini jika ada yang kurang jelas bisa di tanyakan lewat kolom komentar atau Kamu bisa lihat video berikut, Jangan lupa like komen dan subscribe pada channel tersebut.


Sedikit tambahan bukan hanya tv tabung atau crt yang bisa di ganti dengan gacun regulatornya tv LED juga bisa. Terima kasih sudah berkunjung ke blog Saya salam Solder. Dari teknisi Pemula.





Caraservis
Caraservis Hi Blogger friends, allow me to introduce who I am. My name is Lisus Tok, which many people know in cyberspace, while my real name is Sumarno. I am the firstborn child of three siblings. I was born in Cilcap, March 15, 1982. I currently live in Jetis, Nusawungu Cilacap, Central Java. Talking about hobbies, I like electronics. Since junior high school, I have mastered a lot of electronic equipment. Until now, I still often repair electronic equipment. And in this blog I will try to share my experiences as an electronics technician. I think that's all I can say about this introduction. Thank you very much for your attention.

Posting Komentar untuk "cara pasang gacun pada televisi"