Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TV Sharp Gagal Start / Protect

 Hay shobat caraservis.. Kali ini caraservis kembali berbagi pengalaman mengenai kerusakan tv sharp yang baru saja caraservis alami dan kerusakan semacam ini sering caraservis temui. dan mungkin juga shobat teknisi sering mengalami atau menemui kerusakan semacam ini.

Kebetulan hari ini Saya baru saja menyelesaikan pekerjaan ini atau permasalah tv sharp yang akan saya bagikan.

Tadi pagi ada seorang warga mendatangi bengkel saya dan meminta saya untuk memperbaiki televisinya, yang katanya tvnya tidak bisa nyala atau gagal star.

Merek tv tersebut Sharp, jika tv dinyalakan nyala sebentar kemudian mati dan tombol power pada remot jika ditekan tidak ada respon jika sudah mati. Dan juga tombol CH+ pada tv jika di tekan juga tidak ada respon.

Saya terdiam sebentar sambil menganaliasa kerusakan seperti itu, Yang sering terjadi memang pada tv sharp gampang protek, Kenapa tv sharp gampang protek? Karena pada mesin tv sharp diberi pengaman berlapis. Dibeberapa komponen penting pada mesin tv sharp diberi detektor proteksi, Yang bertujuan untuk mengamankan komponen yang lain jika ada salah satu komponen yang tidak berfugsi.

Cara memperbaiki tv Sharp gagal start

Ada banyak kemungkinan kerusakan tv gagal start. Pengecekan pertama coba shobat cek semua tegangan yang keluar dari regulator Apakah semuanya normal. Jika semua normal kemudian cek tegangan 5 volt yang memberi asupan arus atau tegangan ke IC memory, Cek tegangan ke tuner dan juga cek tegangan tinggi 180 volt yang menuju soket RGB pada CRT.
Kerusakan tv kali ini kebetulan ada pada tegangan 180 volt yang menuju ke CRT Yang memberi tegangan ke TR RGB.
Tegangan tersebut normalnya 180-190 volt. Dan setelah saya melakukan pengukuran hanya 122 volt tidak setabil kadang naik kadang turun. 
Oke shobat jika tegangan pada rangkaian tv kadang naik kadang turun yang sering terjadi adalah keingnya kpmponen ELKO.
KArena ELKO tersebut belum mati jadi masih hidup meski hanya sebentar.
Kemudian ELKO tersebut saya ganti dengan nilai yang sedik berbeda. Pada ELKO yang aslinya 250 v 33uf dan saya ganti 250v47uf.

Setelah melakukan pengantian pada Elko tersebut kemudian tv saya nyalakan dan sambil mengukur tegangan pada kali + Elko tersebut dan tegangannyapun telah kembali normal yaitu 184volt sudah tergolong normal.

Tapi masih ada satu masalah lagi ternyata gambar pada tv tidak fokus atau blur atau bokeh cara fotografi katakan. kemudian Analisa saya menuju pada soket RGB yang sudah jamuran biasanya begitu..

cara mengetahuinya tinggal nyalakan saja tv tunggu sampai beberapa menit kalau lama-lama gambar bisa fokus berarti kerusakan pada soket RGB yang sudah berkarat atau berjamur.

Tapi setelah menunggu bukan lagi sesaat sampai hamping setengah jam ternyata tidak ada perubahan, tv tetap blur. Saya mulai agak panik jangan-jangan belum jadi bayaran nih..

kemudian saya coba putar potensio screen pada bodi playback dan ternyata tidak ada berubahan juga, Saya mulai menduga-nduga jangan-jangan flybacknya yang rusak.

Dari pada langsung belli flyback sayapun mulai bereksperimen dengan melepas kabel screen dan melilitkannya pada inti ferit playback 3 lilitan atau putaran dan menyambungkannya kembali ke soket RGB. Dan tv tak nyalkan kembali sambil sedikit ada rasa takut jika-jika ada sesuatu yang terjadi yang tidak diinginkan. pertama saya colokan dan tv mulai star dengan pertada lampu indikator berubah hijau dan layar belum menyala saya cabut lagi.

Tapi kedengaran tidak ada suara yang aneh kemudian saya coba lagi dan saya biarkan sampai CRTnya menyala dan gambar pun muncul meski masih sedikit buram atau blur dan saya mulai memutar Potensio Screen pada playback dan ternyata posisi pada nol mungkit tadi saya telah memutar-mutar bolak-balik hingga sampai lupa posisinya. Setelah sya putar atau menaikannya sedikit tvpun sudah terlihat fokus dan gambar clink kaya di soklin.

Demikian pengalaman saya hari ini dengan melakukan eksperimen yang belum pernah saya coba dan ternyata berhasil. Saya mendapat ide ini dari pengalaman zaman dulu pada tv hitam putih yang jika gambar sudah tidak terang bisa di lakukan cara ini gambarpun kembali cerah.

sekian dulu maaf banyak cerita semoga artikel semacam ini bisa bermanfaat bagi kita semua.



Posting Komentar untuk "TV Sharp Gagal Start / Protect "