Cara Ganti Power Suply Speaker aktif Acematic Ganti Trafo

Daftar isi:
  1. Power supply
  2. Trafo Acematik
  3. Trafo Manual atau bisa
  4. Cara Pasang Trafo Manual Pada ace Matic

 Caraservis Cara Ganti Power Supply Speaker aktif Acematik Ganti Trafo-Cara menggati power supply speaker aktis yang menggunakan acematik kemudian ingin menggati pakai trafo manual.

Berikut ini Kami akan menjelaskan bagamana caranya menggati trafo speaker aktif yang Acematik dan menggatinya dengan yang trafo biasa atau manual.

Sebelumnya mari kita ulas dulu apa sih power suplay itu.

Power supply

Power suply adalah suatu rangkaian elektronik yang fungsinya memberikan arus listrik ke peralatan elektronik. Ada banyak peralatan elektronik yang menggunkan power supply walaupun tidak semuanya.

Contoh peralatan elektronik yang menggunakan power supply: Tape, VCD, Televisi, Speker Aktif, Resever, Mesin cuci, Laptop, Komputer, DLL.

Contoh peralatan elektronik yang tidak menggunakan power supply: Blender, Mixer, Mesin Gerinda, Mesin Bor, Dll.

Power supply Ada dua Macam yaitu acemati dan trafo.. walaupun jenis dan bentuknya berbeda tapi fungsinya sama, Perbedaan acematik dan trafo.

Trafo Acematik

power supply ace matic

Gambar diatas adalah contoh power supply ace matic cara kerjanya sebenarnya sama saja dengan yang trafo biasa atau manual.Yaitu menurunkan arus AC dari 220 menjadi lebih kecil sesuai yang di butuhkan dari peralatan elektronik yang bersangkutan.

 Dari segi fisik memang berbeda, sebenarnya sama menggunakan trfomator juga namun sedikit berbeda bentuk trafonya.

Trafomator pada ace matik lebih kecil dan menggunakan inti atau kerenya menggunakan ferit.
Hanya saja power supply jenis ace matic menggunakan rangkaian elektronik tambahan yang biasa disebut modul. Dan saat ini sudah tersedia modul power suplly di toko-toko elektronik yaitu merek Gancun. Walaupun iti modul diperuntukan untuk menggati regulator televisi, Namun bisa juga untuk menggati regulator speaker aktif juga. dan sayapun perrnah mencobanya sendiri.

Bukan hanya itu masih banyak lagi regulator yang bisa di ganti menggunakan modul dari Gancun ini, Dan cara pemadsangannya tergolong mudah. Untuk lebih jelasnya bisa di baca disini, Cara memasang Ganun atau mennganti modul regulator dengan Gancun.

Trafo Manual atau bisa

Komponen elektronik


Trafomator atau biasa disebut trafo manual adalah sebuah komponen elektronik yang berfungsi menurunkan tegangan dari AC 220 menjadi 3 volt sampai 42 volt biasanya trafo dipasaran seperti itu dan memberi catu daya pada suatu komponen elektronik.
Komponen elektronik tidak akan bisa bekerja tanpa adanya daya listrik.

Cara Pasang Trafo Manual Pada ace Matic

Cara pasang trafo manual pada ace matic, Caranya mudah banget kita ketahui dulu arus yang dibutuhkan pada ace matic tersebut berapa volt kemudian kita cari di trafonya ada atau tidak.
Kalau memang tidak ada kita bisa nerubahnya dengancara merombak trafo atau memodifikasinya.
tapi untuk saat ini udah banyak pilihan arus yang tersedia di trafo.

Oke jika kita sudah bisa atau sudah sesuai arus yang dibutuhkan pada ace matic dan arus yang ada di trafo, Langsung saja melakukan penyambungan.

Ace matic pada speaker aktif biasanya membutuhkan arus -15 volt +15 volt + 5 volt dan Ground atau 0.
  • Pertama kita lepas terlebih dahulu trafo yang ada di ace matik.
  • Kemudian pasang kabel pada kaki dioda yang mengarah ke kaki trafo yng di lepas tadi.
  • Pasang empat kabel ground, -15 volt , +15 volt Dan +5 volt.
  • Dan sambungkan kabel tersebut pada trafomator. Sesuai nilai voltasenya Untuk Ground disambung Pada kaki CT trafomator Dan untuk yang 5 volt. coba dilihat dulu sehabis dari dioda ada IC 7805 atau tidak? biasa ada. Kalu ada bisa di sambungkan pada Kaki 9 Volt di kaki trafomator.
    Demikian artikel singkat cara menggati regulator Ace matic di ganti menggunakan trafo biasa atau manual. Semoga bermanfaat.
Ada video yang mungkin lebih jelas klik DISINI



Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar kalian. Terima Kasih Sudah Berkunjung diblog kami.

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar sesuai topik. Gunakan bahasa yang baik dan benar.