Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TV polytron nyala sebentar mati lagi (stanby)

   Assalamu'alaikum teman-teman kali ini saya mau bagi pengalaman saya.. 
Kemarin sayamendapat panggilan untuk service televisi katanya tv hidup sebentar belum muncul gambar udah mati lagi begitu terus kalau di nyalakan.. 
service televi polytron


Oke langsung saya ikuti si pemilik tv tersebut kerumahnya karena saya belum tahu alamatnya sekalian saya ngikut sama dia.. 

Sampai dirumahnya langsung saya coba nyalakan tvnya pertama lampu stanby nyala terang kemudian redup pertanda tv hidup sebentar lampu stanby terang lagi berarti tv udah dalam kondisi stanby.. 

Langsung saya bongkar tutup bagian belakang., kemudian saya besarkan screen nya biar bisa kelihatan kerusakannya di sebabkan oleh apa.. 

Setelah screen saya naikan udah mulai kelihatan jika dinyalakan seperti ada gambar pelangisebentar kemudian mati lagi alias stanby, sebentar saya pikir pikir sambil saya cek tegangan diseluruh tegangan yang keluar dari regulator semuanya normal, sudah mulai serius mikirnya. 

Ohh iya saya pernah service tv lg kerusakan hampir sama, tv nyala sebentar mati lagi, hanya saja tv lg tidak stanby. 

Kemudian saya teringat untuk matikan proteksi pada tv tersebut.. Setelah jalur protek saya potong saya hidupkan tv langsung kelihatan kerusakannya.. Tv nyala dengan garis mendatar ditengah alias vertikal.
Sudah bisa ditebak kerusakannya pada vertikal yang kemudian saya cek tegangan yang masuk pada ic vertikal. Tegangan yang masuk apada ic vertikal ada dua yaitu groud, -, + dan pada bagian positifnya terbaca divolt meter 0 nol. Kemudian saya lepas diodanya dan saya cek ternyata benar diodanya sudah mati atau tidak berfungsi. 

Kemudian saya pamit mo beli komponen hehe gaya biar anunya tambah.. Padahal saya pulang ngambil dioda dirumah.. 
Setelah dioda sudah ada langsung saya pasang mak jrenggg.. Tv nyala terang banget sampai ada galis blanking.. Oh iya saya lupa tadi di awal saya naikan screennya.. Saya kembalikan screennya sambil tv dinyalakan biar pass. 
 Setalah tv nyala belum saya tutup kesing belakang saya coba tunggu beberapa saat sambil ngobrol dan ngopi.. Tidak lupa sebatang rokok buat pertanda masa uji coba heheh udah kebiasaan.. Habis rokok sebatang tv masih normal saya tutup saya rapikan alat-alat saya pamit.. Dan si pemilik tanya harga.. Pira mas ongkos.. Lah ya pira ngonoh.. Karena saya orang ngapak ya ngomongnya kaya gitu.. Kemudian saya bilang 140.. Biar kedengar gk mahal gitu.. 



Sekian cerita saya tentang tv nyala sebentar mati lagi semoga bermanfaat. 
Wassalamualaikum. 
Caraservis
Caraservis Hi Blogger friends, allow me to introduce who I am. My name is Lisus Tok, which many people know in cyberspace, while my real name is Sumarno. I am the firstborn child of three siblings. I was born in Cilcap, March 15, 1982. I currently live in Jetis, Nusawungu Cilacap, Central Java. Talking about hobbies, I like electronics. Since junior high school, I have mastered a lot of electronic equipment. Until now, I still often repair electronic equipment. And in this blog I will try to share my experiences as an electronics technician. I think that's all I can say about this introduction. Thank you very much for your attention.

Posting Komentar untuk "TV polytron nyala sebentar mati lagi (stanby) "