Cara Memperbaiki Charger HP Lemot atau lama mengisi

Cara memperbaiki Charger HP lemot atau lambat mengisi. 

Ada beberapa hal penyebab charger lama mengisi atau lemot. Di beberapa kasus yang saya alami dari beberapa user mengeluh HP dicas lama banget bahkan kadang ada yang di cas bukannya tambah malah berkurang batrenya. Walaupun indikator charger pada HP berjalan sering kali batre tidak mengisi. Kasus seperti ini terkadang dari HP nya itu sendiri yang emang udah ada kelainan ada juga batre dari HP tersebut atau juga dari kabel chargernya yang sudah tidak bagus. 

Dalam artikel kali ini yang ingin kita bahas adalah mengakali Chargernya.. Jika memang HPnya masih dalam kondisi normal. Kenapa saya ingin membagikan trik atau tips ini, karena saya mengalami sendiri hal semacam itu, dan pada akhirnya saya jadikan referensi. 

Sengaja saya buat artikel ini supaya banyak yang tahu jadi lebih berguna bagi banyak orang, kasus seperti ini sering kali terjadi di HP XIAOMI, Sedikit cerita saya yang menjadikan ini sebuah referensi bagi saya untuk membuat artikel kali ini.. 

Cara mengatasi Charger lemot. 

Suatu saat saya beli HP REDMI 8 pertama saya beli dihidupkan batre 70% setelah saya buat aktifin semua akun dan sering HP awal serta melihat lihat fitur sampai batre di 30% kemudian saya cas atau charger, posisi Ponsel tidak saya pegang atau dalam kondisi stanby. Dan sampai di 100% kemudian saya cabut dan saya pakai sampai batre di posisi 36% kemudian saya cas lagi tapi sambil buat mainan atau dalam posisi saya pakai.. Yang saya heran ko batrenya bukannya mengisi ko malah berkurang nah dari situlah saya mulai bingung ponsel baru ko bisa kaya gini.. Nah dari situlah saya mulai ada pemikiran yang kurang baik, karena barang baru 24 jam mau saya bongkar, kerena saya teringat kalau servis televisi misalkan ada arus yang kurang maksimal biasa saya tambahin komponen ajah.. 

    Cara mengatasi masalah charger hape lemot

Oke langsung saja saya buka itu charger yang masih kinyis-kinyis koyo artis heheh.. Tidak pakai sayang tidak pakai eman, setelah saya bongkar walau agak rusak bodinya karena charger model sekarang tidak ada bautnya




Kemudian saya buka saya ambil mesinnya atau pcbnya saya amati komponennya bagus dan saya langsung fokus pada out nya disitu ada elko dan dioda. Kalau elko hanya sebagai permata saja saya tak akan otak-atik itu elko dan saya mulai bereksperimen mau menambahkan sebuah dioda disitu diodanya kecil bangt paling sekitar 1Amper tapi tipe vast kayanya. Kemudian saya cari di bekasan mesin TV alias kanibalisme saya menemukan dioda yang digunakan untuk memberi tegangan IC vertikal pada televisi itu, saya cambut itu dioda dan disitu tertulis IN5403 kalau tidak salah itu dioda 3Amper, 

Saya pikir ini pasti jadi.. oh iya jika kalian tahu Fungsi utama dari dioda adalah mengubah arus AC ke DC, tapi kenapa bisa buat menambah arus.. Begini memang benar jika dioda fungsinya hanya merubah arus AC ke DC. Bahkan jika arus sudah DC di pasang dioda pasti arusnya menurun.. Tapi kenapa saya pakai cara ini.. 

Silahkan kalian pelajari output trafo sebelum jadi DC pasti lebih besar sebelum keluar dari dioda, sekarang yang saya pikir jika satu dioda ampernya kecil jika ditambah atau dihati dioda yang ampernya lebih besar pasti arus yang keluar menambah walaupun cuma sedikit yang pasti ampernya menambah karena nilai ampernya pada dioda ditambah.. 

    Cara mengatasi masalah charger hape lemot


Jadi intinya jika kalian mau membuat charger ponsel kalian kenceng kalian bisa menggunakan cara ini.. Caranya mudah banget kalian tinggal tambahin dioda output charger dengan dioda yang ampernya lebih besar.. Misal 2Amper ke atas tapi jangan terlalu besar nanti makan tempat charger kalian tidak bisa ditutup kembali. 

Peringatan 
Jika kalian mau mengikuti tutorial ini pastikan kalian sudah cek semuanya dari ponsel, charger, dan kabelnya. Jika semua itu memang suda bener kalian bisa mencoba cara ini.. 

Cek ponsel kalian dg cara dicoba pakai charger lain. Ganti kabel dengan yang masih bagus. Jika semua hasilnya mengacu pada charger nya yang bermasalah silahkan kalian memulai mempraktekannya.. Jangan lupa cara ini hanya bisa bekerja jika charger nya original.. Jika charger bukan ori saya tidak merekomendasikan. 

Sekian tips dan trik dari saya semoga bermanfaat. Jika ada yang kurang jelas silahkan tanyakan saja jangan sungkan. Atau bisa lihat video Di SINI



Posting Komentar

Silahkan tulis komentar sesuai topik. Gunakan bahasa yang baik dan benar.