CARA MEMPERBAIKI TELEVISI SHARP WARNA UNGU ATAU DOMINAN MERAH BIRU

         Assalamualaikum teman teman.. bagaimana kabar kalian semoga selalu dalam kadaan sehat sehat saja. mengingat sekarang ini lagi viral yang namanya virus corona jadi mudah mudahan kita selalu dalam lingdungan yang maha kuasa dan terhindar dari mahkluk yang bernama corona itu.. 

         oke kali ini saya akan berbagi pengalaman saya barusan, tadi siang saya dapat panggilan untuk servis televisi dengan keluhan warna dari gambar televisinya tidak normal dengan tampilan dominan merah dan biru jadi terlihat ungu..kata si pemiliknya.. dan saya langsung berangkat memnuhi panggilan mantan heheh bercanda biar nggak sepaneng..

setelah sampai di TKP saya lihat televisinya sharp alexander slim.. dan memang benar tampilan televisi tersebut dominan merah dan biru dan tampilan angka channelnya hitam.. dalam hati saya berkata [wahhh ini sih gampang paling solderan di bagian RGB nya yang kendur]

 kemudian yang punya rumah tanya [apanya mas yang rusak??[ saya jawab [paling transistor RGB nya ada yang mati] Kemudian saya buka televisi tersebut perhatian saya langsung mengarah ke bagian RGB yang berada nempel di crt belakang saya lihat solderan kayaknya masih bagus tapi tetap saya solder ulang, setelah melakukan solder ulang di bagian itu dan saya coba nyalakan televisinya eh gambarnya masih tetap sama,

    kemudian saya ukur tegangan di kaki crt bagian RGB terbaca R (merah terbaca 160 volt ) B ( biru terbaca 160 ) dan G ( hijau 155 ) dari ketiganya di kaki G ada selisih meskipun sedikit dan kemudian saya cek output RGB dari IC chroma dan hasilnya semua sama.. sampai di sini saya mulai bingung keringat mulai keluar biasa kalau saya sudah agak pusing pasti keringat keluar.. 

setelah itu saya lepas semau transistor RGB dan saya cek semuanya dan ternyata semua dalam keadan baik. tambah deras keringat keluar..

     kemudian yang punya rumah keluar sambil bawa scangkir kopi dan sebungkus rokok sambil nyanya apanya yang rusak? saya jawab ( waduh mandan angel kie urung ketemu ) aduh agak sulit ini belum ketemu, saya jawab gitu karena saya orang cilacap hehe sambil memperkenalkan diri. disambi ngopi disit kie karo ngrokok men padang Kata yang punya rumah.. kemudian saya muali nyruput itu kopi dan sambil ngrokok sambil berpikir.. setelah bebrapa saat saya berpikir, terlintas dalam pikiran saya untuk melakukan seting data RGB nya. yang jadi masalah karna saking banyaknya merek televisi dan cara masuk servis modenyapun berbeda-beda saya lupa cara masuk ke servis mode televisi sharp alexander slim itu, mau brobrowsing kebetulan saya tidak punya kuota karna saya sekarang menggunakan WIFI dirumah jadi HP saya tidak pernah isi kuota walaupun saya juga jualan kuota. sambil memasang kembali transistor RGB yang tadi dilepas dan sambil mengingat-ingat caranya.

 Alhamdulillah saya ingat cara masuknya.
setelah saya masuk sermod (servis mode ) saya langsung fokus menuju seting RGB nya saja.. dan setelah saya lakukan seting atau penyesuaian parameter RGB nya sambil melihat perubahan  gambar di tv disitu saya muali tenang sudah mulai kelihatan hasilnya.
dalam hati saya waahh bayaran kie.. heheh sampai disini saya sudah mulai santai sambil beberapa kali nyruput kopi..
setelah bebrapa melakukan perubahan di semua parameter RGB tv pun kembali cling normal sepperti sedia kala..

Dan di bawah ini cara masuk sermodnya.

        BEGINI CARA MASUK SERVIS MODE TV SHARP ALEXANDER SLIM
  • pertama matikan tv lewat tombok utama tau tombol power posisi tv mati bukan standby.
  • kemudian tekan dan tahan tombol VOL - dan CH + pada panel tv dan tahan.
  • selanjutnya hidupkan tv lewat tombol power sampai tv menyala baru lepas vol- dan ch+ tadi.
  • sampai di sini jika langkah di atas dilakukan dengan benar kalian sudah masuk menu sermod atau servis mode, jika belum ulangi langkah di atas sampai ada tampilan menu info software tv.
  • setelah masuk disermod, kemudian tekan menu diremot sampai ketemu menu V00   CUTOFF/BKGD
  • setelah itu kalian pencet angka 1 diremot untuk seting R Driver, Angka 2 untuk G Driver dan angka 3 untuk seting B Driver, kemudian angka 4,5,6 untuk seting RGB BIAS, Dan 7,8 untuk seting RB CUT, untuk mengatur parameternya menggunakan tombol Volume.
  • untuk keluar dari sermod matikan tv lewat remot automatic tersimpan setingan tadi.


tv gambar ungu


jangan melakukan perubahan dimenu yang lain jika memang tidak di perlukan..
sebenarnya banyak sekali fungsi dari sermod tadi tapi kali ini saya hanya membagikan tentang RGB..

mungkin sampai disini dulu artikel atau pengalaman saya tadi sore yang saya bagikan.. jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar kalian, jika menurut kalian artikedari saya bermaanfat dan membantu bisa kalian share dimana saja kalian suka agar banyak yang tau terima kasih..

wassalam 

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar sesuai topik. Gunakan bahasa yang baik dan benar.