CARA SETTING REMOT TV UNIVERSAL



   Salam bloger selamat pagi dunia.
Pada kesempatan kali ini kami cara servis ingin memberikan salah satu informasi bagi anda yang lagi kesulitan mengatasi remot TV yang tiba-tiba tidak berfungsi sebagai mana mestinya.

Sedikit mengulas cara kerja remot control adalah sebuah rangkaian elektronik yang bekerja mengirim sinyal atau gelombang IR ( infra red ) yang mana sinyal atau gelombang infra red tersebut akan di terima oleh komponen resiver di Televisi tau DVD dan lain sebagainya.
Sinyal atau gelombang yang di hasilkan dari sebuah remot itu bermacam-macam tergantung dari IC si resiver itu sendiri.

Maka dari itu keistimewaan remot universal kita bisa sesuaikan sinyal yang di hasilkan dari remot tersebut.

Mengacu pada judul artikel ini yaitu cara seting remot universal sebenarnya bagi anda yang barubeli remot baru disitu sudah dilengkapi cara setingnya. Tetapi jika anda telah memiliki remot tersebut sudah lama dan yang memasangkan atau menyeting orang lain seperti tunkang servis misalnya.
Pasti kamu belum tau cara setingnya.
Sebenarnya ada kode di setiap Televisi dan itu berbeda-beda walaupu merek televisinya sama.

Oke sekarang kita mulai ke pembahasan setingnya..
Setelah anda tahu remot televisi anda tidak berfungsi sekarang coba Anda cek remotnya apakah masih nyala apa tidak.

  CARAENGETAHUI REMOT MASIH BERFUNGSI ATAU TIDAK

cara pertama kita bisa menggunakan alat atau rangkaian reciver nuatan sendiri atau beli.. kalau Caraservis dulu buat sendiri. Tapi lupakanlah itu alat tersebut hanya untuk tukang reparasi saja bagi anda tidak begitu penting mungkin lain kesempatan aka Caraservis bahas jika ada yang reques.
Untuk cara yang kedua mengetahui atau mengecek temot masih bisa di gunakan atau tidaknya kalian bisa menggunakan semart phone kalian. Semart phone seperti apa yang bisa di gunakan?? Semua semart pbone bisa asalkan ada kameranya danasih berfungsi fengan baik..
Caranya kalian lihat di temot universal ada lampu indikator di ujung remot biasanya di atas tombol set kalian bisa lihat gambar di bawah ini..

jika salah satu tombol ditekan dan lampu tersebut nyala berkedip itu berarti remot control masih berfungsi.
Tapi tunggu dulu masih ada satu lampu lagi ini yang terpenting.
Di ujung remot kontrol bagian depan nampak seperti lampu LED transparan itulah yang terpenting yang akan mancarkan sinyal infra merah.. nah cara mengetahuinya dengan mengarahkan lampu tersebut ke kamera semart phon kalian bisa liat nyala la.pu tersebut atau sinyal infra merahnya. Jika dilihat dengan mata telanjang itu akan sangat sulit srkali terlihat, sebenarnya sih bisa terlihat juga.. lebih gampangnya kitaenggunakan kamera smart phone. Kalian bisa lihat gambar di bawah ini.
Remot control masih berfungsi

Remot control sudah rusak

Jika lampu infra merah remot control terlihat menyala di layar smart phone dan nyalanya berkedip itu menadakan remot masih bisa digunakan tapi jika remot menyala tanpa kedip atau tidak menyala berarti remot sudah tidak bisa digunakan lagi. 

Oke sekarang kita sudah tahu remot control masih normal.
Itu berarti kita langsung bisa seting ulang remotnya caranya kalian tekan tombol SET dan tahan kemudian tekan tombal POWER. Atau bisa juga hanya tekan tombol SET tahan kira-kira 3 detik sampai lampu indikator yang berada di atas tombol SET menyala.
Jika sudah menyala kalian pencet tombol 0 tiga kali, nanti akan terlihat lampu indikator mati, ini tujuanya mereset fata remot yang sekarang. 
Kemudian kalian ulangi dari awal seyelah lampu indikator di remot menyala kemudian nyalakan Televisinya dan arahkan lampu infra merah remot ke televisi kemidian tekan tombol VOLUME + tekan tekan terus, bukan di tahan yah.
Sambil kita lihat layar televisinya kalau mau sambil dihitung, hasil hitungannya nanti bisa jadi kode, yang mana jika kita mpunyai kode tersebut akan lebih mudah dalam penyetingan remot..

Dan setelah kita menekan tombol tersebut perhatikan layar televisinya jika dilayar televisi muncul display VOLEME . Sepeti gambar berikut..


Kalaian berhenti dan hasil hitungnya tafi sampai berapa simpan dulu. Misal hasil  ( 98 )
Oke kode kita tinggalkan kbali keremot tadi anda berhenti saat display volume muncul takut terlewat kerena saking cepetnya
Untuk mengecek kembali kalian tekan VOLUME -  satu kali jika display di televisi ikut turun itu berarti udah pas tidak terlewat. Tapi jika belum mengikuti turun display di layar televisi kalian bisa pencet lagi dan seterusnya, jika sudah ikut turun kalian berhenti. Dan pasti remot sudah kembali berfungsi sebagai mana mestinya

Jika cara tadi sudah dilakukan dan tidak berhasil ada kemungkinan kerusakan pada perangkat penerimanya.
Jika ini terjadi lebih baik kalian urungkan niat kalian mending pagil tukang reparasi saja untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan.


Tambahan tentang kode remot

Sedikit ulasan tentang kode remot yang tadi udah kalian simpan. Jika kalian mau seting ulang dengan kode itu lebih mudah tinggal tekan tombol SET + POWER dan lampu indikator menyala kalian tinggal masukan  3 kode remot, dan lampu indikator mati remot sudah bisa berfungsi normal.. oh iya kode remot terdiri dari tiga angka sedang angka yang kalian hasilkan hanya ada dua gimana caranya.. caranya kalian tambahkan angka 0 di urutan pertama. 

Hanya itu dulu artikel dari caraservis jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar kalian inzya Allah akan kami jawab. 

Terima kasih sudah berkunjung  Salam Bloger

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar sesuai topik. Gunakan bahasa yang baik dan benar.